Ketua Majelis Pertimbangan Adat (MPA) Pauh IX, Irwan Basir Datuk Rajo Alam saat memberikan kata sambutan pada Pagelaran Karya Produk Ekonomi Kreatif 2020

Padang - Forum Komunikasi Anak Nagari (FKAN) Pauh IX Kecamatan Kuranji adakan Pagelaran Karya Produk Ekonomi Kreatif 2020, yang berlangsung mulai tanggal 03 Agustus 2020 sampai dengan bulan Oktober 2020.

Pagelaran berkerja sama dengan Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat ini dilaksanakan di lapangan Medan Nan Bapaneh KAN Pauh IX Kuranji, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, Senin (3/8) malam. 

Kegiatanpun nantinya akan di isi dengan penampilan group kesenian tradisional Minangkabau seperti randai, rabab, saluang, dendang, dan lainnya se- Sumatera Barat, pada setiap hari Jum'at dan Sabtu, juga akan disuguhkan dengan makanan kuliner khas Minangkabau.

Dalam sambutannya Ketua Majelis Pertimbangan Adat (MPA) Pauh IX, Irwan Basir Datuk Rajo Alam, SH, MM, sempat memuji sosok Wakil Gubernur Nasrul Abit yang peduli pembangunan nagari dan daerah tertinggal. 

"Yang menarik, bapak Nasrul Abit yang menarik sosok yang berani memasuki daerah konflik di Wamena Irian dimana 9 orang minang jadi korban. Merupakan satu-satunya pejabat yang datang secara langsung melihat masyarakat minang disana," ungkapnya.

Disebut Ketua LPM Kota Padang ini, waktu heboh orang se Indonesia, para perantau Wamena dipulangkan dan perantau lainnya bersatu beriyur dan membantu untuk sebuah pesan moral orang minang punya harga diri. 

"Semoga beliau sukses jalankan amanah rakyat," serunya.

Sebagai tokoh masyarakat dan tokoh adat Kuranji, saya mengapresiasi kegiatan pagelaran budaya karya produk ekonomi kreatif Forum Komunikasi Anak Nagari (FKAN) Nagari Pauh IX Kuranji.

Karena melestarikan budaya tradisi yang telah turun temurun yang sewaktu-waktu akan bisa hilang karena perubahan zaman, jika tidak ada aktifitas prestasi yang menjaganya. Apalagi, dizaman yang serba moderen ini, nilai adat dan budaya sudah mulai bergeser.

Irwan Basir juga merasa bangga Nagari Pauh IX bagian Kota Padang sebagai salah satu kota besar Indonesia menuju kota metropolitan yang modern. 

"Namun anak nagari Pauh IX merawat dan melestarikan dalam pagelaran budaya ini agar tetap berprestasi dan melestarikannya, apalagi skopnya Sumbar dan diadakan selama tiga bulan kedepan," ujarnya Irwan Basir

Ia juga menyampaikan, selaku Ninik Mamak, kami meminta kepada seluruh para pemuda/pemudi agar tetap menjaga kelestarian adat dan budaya Minangkabau sebagai jati diri daerah. Mempertahankan tradisi adat dan budaya Minang di daerah Sumatera Barat memang tugas kita semua.

"Nan membagggakan, saat ini covid-19 juga belum selesai, Alhamdulillah panitia kegiatan ini tetap menerapkan protokol kesehatan. Artinya, acara berjalan sesuai dengan prosedurnya," ujar Irwan Basir.

Irwan Basir yang akrab disapa Datuk IB ini juga mengatakan, Pagelaran ekonomi kreatif ini upaya membangkitkan kembali kondisi perekonomian daerah. Selain itu, melahirkan ekonomi kreatif, cakrawala berfikir yang kreatif sehingga terciptanya tatanan ekonomi yang baik menuju tatanan adaptasi baru.

Selian itu, Irwan Basir berpesan hilangkan sak sangka yang akan merusak tatanan hidup sosial bermasyarakat, mari bersama saling merangkul, saling menguatkan, saling menutupi kekurangan jangan bakacak langan. Sebagai makhluk sosial, kebersamaan itu kunci kita menjadi besar.

Dikesempatan itu, Ketua MPA KAN Pauh IX berpesan kepada Wakil Gubernur Sumbar agar bisa melanjutkan dan menyelsaikan jembatan Kuranji yang sudah lama mangkrak. Jika dikaji, andaikan jembatan tersebut aktif, tentu ekonomi masyarakat juga akan tumbuh dari segala aspek. 

Bak gayung bersambut, malam itu juga secara langsung di jawab oleh Nasrul Abit, dalam tahun ini Insya Allah di selesaikan pembangunannya.

Wakil Ketua Komisi I DPRD Sumbar Evi Yandri juga mengatakan, adanya kegiatan ini merupakan semangat membangkitkan kesenian dan budaya sebagai benteng moral anak nagari Pauh IX Kota Padang dalam menghadapi tantangan informasi Global.

"Pada pelaksanakan kegiatan ini harus tetap mengacu pada disiplin protokol kesehatannya. Alhamdullilah pak Wagub Nasrul Abit meresmikan malam ini," pungkas Evi Yandri.

Kepada dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat Novrial, SE, MA Akt dalam kesempatan itu juga menyampaikan saat ini Sumbar mesti kembali produktif dengan inovasi dan kreatifitas membangkitkan perekonomian daerah. 

"Aktifitas pagelaran budaya ini merupakan salah satu upaya mengairahkan senibudaya anak anak nagari, sekaligus menampilkan produk UMKM, kuliner. Sehingga tercipta kesenian budaya terlestarikan, ekonomi masyarakat bergerak produktif," ujarnya

Kegiatan ini dihadiri Wakil Ketua Komisi I DPRD Sumbar, Kadis Pariwisata, Kadis Disnakertrans, Kadis Kominfo Provinsi Sumbar, Kadis Pariwisata Kota Padang, Camat Kuranji, Polsek Kuranji dan ninik mamak Pauh IX Kuranji. (Rell)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top