Foto bersama usai forum rembuk warga dalam pelaksanaan Padat Karya di Pasa Lalang Kuranji


Padang - Dalam rangka Kegiatan Padat Karya Infrastruktur Pengerasan/Pelebaran Jalan yang yang dimotori Yunisman, mantan Kadisnakerin Kota Padang. Warga Rw 07 Kelurahan Pasa Lalang gelar forum rembuk warga, Kamis (4-3-2021).

Padat Karya merupakan program Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Padang untuk meningkatkan sektor ekonomi masyarakat yang dibarengi pembangunan infrastruktur, terutama jalan untuk penyanggah sektor ekonomi melalui transportasi di daerah pinggiran Kota.

Hadir dalam kegiatan, Sekretaris Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Padang, Desemberius, Sekretaris Camat Kuranji, Harnoldi, Lurah Kuranji, Garda Efendi, Tim Teknis PUPR Kota Padang, Niko, Mantan Kadis Nakerin, Yunisman sebagai Tokoh Kuranji dan Rw 07 Pasa Lalang, Jamrus.

Turut serta Koordinator Lapangan Kegiatan Padat Karya, Anizar Pandeka, Dedi Azhari Malin Sampono, Suatman dan Tokoh Masyarakat setempat.

Sekretaris Dinas Nakerin, Desemberius mengatakan, program Padat Karya didapat membangun ekonomi masyarakat, pada khusunya terdampak covid-19. Yang kehilangan pekerjaan, kekurangan penghasilkan, apalagi yang pengangguran.

"Padat Karya merupakan salah satu program pemerintah juga yang bisa mengurangi pengangguran. Walau tidak jangka panjang, namun sangat berarti untuk masyarakat," ungkapnya.

Disamping itu, kata Desemberius, objek dari kegiatan ini, tentu bisa menjadi sarana perhubungan dari hasil ekonomi masyarakat disini.

"Ada dua hal yang saling menunjang dari padat karya, infrastruktur yang baik akan membangun dan menumbuhkan ekonomi masyarakat," pungkas Sekdis.

Kesempatan itu, Sekretaris Camat Kuranji, Harnoldi menyampaikan, pemerintahan kecamatan sangat mendukung kegiatan Padat Karya Infrastruktur Pengerasan/Pelebaran Jalan ini. 

"Pengerjaan ini sudah lama diidam-idamkan oleh masyarakat dan pembukaan jalan dari tahun 2008 yang dikerjakan secara gotong royong. Bantuan pemerintah memang sudah ada, namum skalanya masih kecil," katanya.

Disebut Harnoldi, saat ini, pemerintah kota melalui dinaskerin melalui kegiatan Padat Karya ini melakukan pemadatan, pengerasan dan pelebaran jalan dengan panjang lebih kurang 300 meter, yakni satu hal yang kami sangat syukuri.

"Apalagi pengerjaannya juga melibatkan masyarakat dengan sistem padat karya dan kami diperangkat kecamatan dan kelurahan akan memantau tanah ini agar dapat dilakukan pengerasan jalan dalam waktu dekat ini," pungkasnya.

Tokoh Masyarakat Kuranji, Yunisman menyebutkan, melihat kondisi sekarang ini diKota Padang, khususnya dikelurahan Kuranji, hal ini sangat berpotensi, terutama dalam  mendukung sektor sektor ekonomi yang ada, yaitu pangan dan pertanian.

"Dengan adanya Padat Karya ini,  barang kali hasil hasil produksi para petani kita bisa lebih cepat dalam transaksi penjualan. Juga segi manfaat program Padat Karya, yang mengerjakannya masyarakat dan yang memanfaatkannya juga masyarakat," pungkas Mantan Kadis Nakerin ini.

Kesempatan sama, Lurah Kuranji, Garda Efendi mengucapkan terima kasi kepada Dinas Kerin Kota Padang yang sudah menganggarkan dan melaksanakan Padat Karya pada kelurahan Kuranji, khusus Pasa Lalang.

"Alhamdulilah warga sangat antuas, dan mendukung kegiatan Padat Karya ini. Karena bisa membuka jalandi Rt 1 Rw 7, dengan adanya akses jalan ini akan dapat meningkatkan ekonomi warga disini," pungkasnya.

RW 07, Jamrus juga mengucapan terima kasih pemerintah kota atas dibukanya jalan sepanjang 320 meter dan merupakan hal positif bagi Rt 1 Rw 7 ini.

"Ini sudah membatu masyarakat disini, baik dalam infrastruktur maupun mendapatkan pekerjaan. Karena Padat Karya, dikerjakan masyarakat dan dapat pula dimanfaatkan masyarakat," pungkasnya. (Arman)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top