Foto bersama Ikatan Keluarga Putra Putri Piliang (IKP3) Kota Padang

Padang - Ajang Silaturahmi dan Halal bi Halal dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1442 H dimanfaatkan oleh Ikatan Keluarga Putra Putri Piliang (IKP3) Kota Padang untuk memilih Ketua dan Pengurus IKP3 Padang yang baru dikarenakan masa jabatan Andi Meirizal sebagai Ketua sebelumnya sudah habis. 

Kegiatan ini diadakan di kediaman Muzni Zen sebagai Penasehat dan juga sebagai Anggota DPRD Kota Padang diwilayah Perumahan Belimbing Kuranji, Minggu (30-5-2021).

IKP3 Padang adalah sebuah perkumpulan atau organisasi masyarakat suku piliang yang berdomisili di Kota Padang, berdiri tahun 2016 dan terpilih pada saat itu Andi Meirizal yang berasal dari Agam. 

Halal bi halal dimulai dengan sambutan Muzni Zen selaku tuan rumah, dalam sambutannya Muzni menghimbau kepada dunsanak yang hadir agar menjauhkan sifat sombong, karena sifat sombong bukan pakaiannya manusia. 

Setelah sambutan dari tuan rumah, kegiatan ini dilanjutkan dengan tausyah agama yang disampaikan oleh Prof. Salmadanis yang juga dari suku piliang berasal dari Tanah Datar.

Dalam penyampaiannya Salmadanis meminta kepada seluruh dunsanak yang bersuku piliang agar menjaga kekompakan seperti saciok bak ayam sadanciang bak basi. "Jangan ada perpecahan karena suku piliang adalah suku awal seperti Bodi Chaniago dan Koto Piliang," katanya.

Setelah dilaksanakan tausyah, dilanjutkan dengan pemilihan Ketua IKP3 yang baru. Sedianya nama yang mencuat sebagai kandidat ada 3 nama, yakni Alex Rifla, Suardiman Khatib dan Andi Meirizal sebagai incumbent.

Dikarenakan dua kandidat tidak hadir, maka tetua suku piliang seperti Khairil Darab dan Zayadi meminta untuk mengukuhkan kembali Andi Meirizal sebagai Ketua IKP3 Padang periode kedepan.

Namun secara arif dan bijak, Andi meminta dengan kerendahan hatinya untuk tidak ikut dalam pemilihan karena mengingat dunsanak mereka yang dua orang dicalonkan tidak hadir maka Andi meminta kepada Zayadi yang biasa disapa dengan Ajo Zayadi untuk memimpin IKP3 Padang periode kedepannya serta minta persetujuan dari dunsanak yang hadir.

Dan alhasil seluruh peserta yang hadir setuju dengan apa yang disampaikan Andi. Corong yang awalnya dipegang dan dikuasai oleh Ajo Zayadi sebagai protokol, langsung diambil alih oleh Andi karena Zayadi sudah terpilih sebagai Ketua IKP3 Padang yang baru. 

Dalan sambutan pertamanya, Zayadi meminta kepada seluruh anggota agar bisa selalu rukun dan saling mengingatkan. Karena besarnya sebuah organisasi tidak lepas dari kebersamaan.

Disamping itu dia juga meminta untuk mengingatkan bila lupa dan membangunkan bila dia terlena dalam kepemimpinan organisasi kedepan. 

Juga hadir dalam kesempatan tersebut perwakilan dari IKP3 Pusat seperti Bunda FA. Roze, Mulyadi Verry, Irvan, Mustafa. Dan mewakili dari Bundo Kanduang Suku Piliang Padang, Elvia Nora dan Eva Susanti. 

Andi Meirizal selaku Ketua sebelumnya memberi ucapan kepada Zayadi, S. Sos. MM agar bisa membawa organisasi IKP3 Padang bisa berjaya dan dapat merangkul seluruh dunsanak yang berdomisili di Kota Padang.

Andi sangat yakin ditangan Ajo Zayadi nantinya IKP3 Padang akan berkibar, karena dilihat dari kiprahnya yang pernah menjadi Kabag Kesra di Kab. Padang Pariaman dan juga pernah jadi Kabag Humas dan Protokol di Pemko Padang serta banyak organisasi lainnya yang telah dikecimpunginya selama ini.

"Apalagi sekarang Ajo telah memasuki masa purna sebagai ASN, akan banyak waktunya untuk mengurus IKP3 Padang kedepan," tutup Andi. (**)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top