Muhammad Farhan

**
Pemuda adalah individu yang bila dilihat secara fisik sedang mengalami perkembangan dan secara psikis sedang mengalami perkembangan emosional. Sehingga pemuda merupakan sumber daya manusia pembangunan baik saat ini maupun masa datang.

Peran pemuda sangat berpengaruh terhadap perubahan di Indonesia. dikarenakan jiwa pemuda yang menggebu-gebu secara emosional dapat diisi dengan aktivitas - aktivitas postive yang mengarah kepada peduli sesama lingkungan sekitar.

Pengertian sosial dapat diartikan sebagai suatu keadaan yang menghadirkan orang lain dalam kehidupan manusia, pada dasarnya dapat diartikan sebagai masyarakat.

Sehingga dapat kita simpulkan bahwa jiwa sosial merupakan kepekaan terhadap lingkungan sekitar yang muncul dalam diri seseorang dan menghasilkan tindakan positive terhadap masyarakat.

Seseorang yang memliki jiwa sosial biasanya tidak mau diam terhadap berbagai permasalahan yang ditemui di dalam masyarakat, orang tersebut akan turut aktif dalam memberikan perubahan dalam masyarakat tersebut ke arah yang lebih baik.

Dalam jiwa pemuda harus ditumbuhkan jiwa sosial dengan kepekaan terhadap sesama. Akan tetapi, sebagian besar pemuda Indonesia saat ini lebih suka menikmati suasana yang aman dan nyaman (comfort zone). Dimana sebuah situasi yang mapan dan aman secara psikis.

Kepekaan terhadap keadaan lingkungan sekitar menjadi rendah bahkan cenderung berpikir pasif (passive mindset). Pola ini membelenggu pemuda pada tataran pemikiran yang statis. Alhasil orang-orang yang mempunyai minset dinamislah yang mampu menebus kesuksesan.

Oleh sebab itu, Muhammad Farhan menyatakan bahwa pemuda memiliki tempat yang spesial dalam memori kolektif bangsa dalam histeriografi nasional Indonesia. Jejak dan kiprah pemuda dipanggung sejarah tercatat dengan tinta emas dan diingat dalam keagungan.

Semua itu berkat kontribusi dan keterlibatan mereka dihampir semua episode penting perjalanan bangsa Indonesia sejak periode kemerdekaan mutakhir sebagai kekuatan pendobrak kejemuan sosial dan kekuatan perubahan sosial revolusioner.

Pertanyaan yang muncul berdasarkan pemaparan diatas, apa kontribusi yang telah diberikan oleh pemuda saat ini untuk perubahan Indonesia.

Hal tersebut menjadi tugas bagi kita para pemuda untuk membuat sejarah terbaik di era kita saat ini. Perjuangan yang lebih dari perjuangan Soekarno, Hatta atau Natsir muda. Permasalahan terbesar saat ini di Indonesia, masalah kemiskinan dan pendidikan.

Sudah saatnya pemuda Indonesia membuka mata, Indonesia saat ini membutuhkan pemuda yang memiliki jiwa sosial yang tinggi, yang peduli terhadap masyarakat yang membutuhkan kehadiran kita.

Dari pemudalah masa depan Indonesia. Kalau pemudanya baik, baik pula bangsa. Begitu juga sebaliknya, pemudanya rusak, rusak pula bangsa.

Tugas kita sebagai pemuda ikut mengambil bagian dalam menyelesaikan kemelut pendidikan yang melanda Indonesia saat ini, seperti yang di katakan oleh pak Anies Baswedan “Mendidik adalah tugas orang terdidik”. Maka dari itu peran pemuda sangat mengambil andil dalam revolusi bangsa.

Dalam agama juga diperintahkan oleh Allah SWT untuk saling tolong menolong dalam kehidupan. Dalam agama Islam, tolong menolong disebut ta’awun.

Seperti yang terdapat pada QS. Al-Maidah: 2 dan tolong menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebaikan dan takwa serta terdapat juga dalam QS. Al-Ra’ud: 1, "Sesungguhnya Allah SWT tidak merubah keadaan suatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri".

Berdasarkan kedua ayat tersebut jelas dalam agama juga manusia diperintahkan untuk memiliki jiwa sosial (tolong mnolong) dalam mengerjakan kebaikan yang kebaikan tersebut dapat memberikan perubahan.

Oleh karena itu, sudah saatnya kita sebagai pemuda yang dinamis, yang ingin menjemput kesuksesan dalam kehidupan dunia dan akhirat. Sepatutnya membuka mata dan tidak pelit akan tenaga, waktu dan pikiran untuk diberikan kepada orang yang membutuhkan uluran tangan dan perhatian kita.

Dikarenakan jika masa muda kita disisi dengan kegiatan tersebut, akan berpengaruh terhadap hasil yang diperoleh yang dapat menentukan kesuksesan dalam hidup. Sudah saatnya kita para pemuda membuat sejarah baru di bumi pertiwi, sejarah yang dapat memberikan revolusi terbaik untuk bangsa, yang mampu mengguncangkan dunia, mengarahkan Indonesia ke arah berkemajuan.

Ayo berikan kontribusimu untuk negara, sehingga kamu dapat memberikan pengaruh terhadap generasi selanjutnya untuk lebih peduli dan peka terhadap permasalahan sosial. (Penulis : Muhammad Farhan)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top