Suasana musyawarah mufakat tokoh-tokoh Pauh X Kuranji dalam perencanaan pembangunan SMPN 45

Padang
- Akan dibangunnya Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 45 di Kelurahan Kuranji, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, Tokoh-tokoh masyarakat Pauh X Kuranji gelar musyawarah mufakat, yang bertempat dipalanta PFC, Belimbing pada Minggu (22-5-2021).

Tokoh sentral Pauh X, Kuranji, Irwan Basir Datuk Rajo Alam, SH.MM dalam kesempatan itu mengatakan, dengan adanya musyawarah dari pada tokoh masyarakat dan anggota dewan dari  dapil I Kuranji ini, kita bisa membawa aspirasi ini ke pemerintah kota.

"Dan ini menyangkut dengan perlu sekali tersedianya sekolah (khususnya SMPN 45 nantinya di Kelurahan Kuranji ini yang jumlah penduduknya cukup besar, yaitu 40.000 jiwa. Maka dengan sistem dari penerimaan murid Sekolah Dasar (SD) yang memakai sistem zonasi, maka ini sangat perlu," ujar Irwan Basir.

Disebut Ketua DPD LPM Kota Padang ini, dengan sistem zonasi sekolah sekarang dan berdasarkan sistem pemetaan seperti itu. Maka tipis harapan dari pada anak-anak kita  tamatan SD di kelurahan Kuranji ini untuk dapat melanjutkan sekolah di SMP Negeri.

"Nah oleh sebab itu, kami perlu sekali dengan tokoh masyarakan dan anggota dewan memberikan bagaimana bisa masyarakat kita, daerah kita ini. Disamping kepentingan dibidang pendidikan juga ekonomi yang sangat jauh dapat terbantu," ungkap Datuk IB sapaan akrab Irwan Basir.

Ketua MPA KAN Kuranji ini juga berharap, dari harapan masyarakat pada saat ini, kita bisa membawa aspirasi ini ke pemerintah kota. Dan kedepannya penerimaan siswa baru yang akan dilaksanakan dengan baik.

"Nonsen kita bicara peningkatan Pendidikan ataupun Sumber Daya Manusia (SDM) generasi sekarang ini, tapi tidak dikomandoi dengan pelaksanaan yang tepat dan cepat.

"Ini bukan tingkat kepintaran, tapi ini tingkat pemetaan kita yang tertinggal, karena jarak, dengan masih sistem itulah maka naif rasanya didapat pendidikan yang sesuai dengan harapan dan keinginan dari pada anak-anak kita yang berada di Kelurahan Kuranji ini bersekolah," terang Irwan Basir.

Diungkapkannya lagi, hal ini untuk kepentingan masyarakat banyak, bagaimana anak-anak kita mendapatkan haknya untuk mengenyam pendidikan. Kita sangat mengharapkan, terutama sekali

Dinas Pendidikan Kota Padang, yang karena SMP merupakan nauangan dibawah Dinas Pendidikan.

Irwan Basir pun berharap hal ini cepat terealisasikan, kapan perlu membuka filial dulu. Kemudian dari perbincangan serta diskusi tadi, jelas masyarakat membutuhkan, dan tidak ada yang menolak terhadap eksitensi keberadaan sekolah lokasi ini. Dan ini secara bersama sama kita bangun, karena ada 1,8 luas tanah yang memadai untuk berdirinya sekolah tersebut," pungkasnya. 

Tokoh Kuranji yang juga anggota DPRD Kota Padang, Zulhardi Z Latif menyebutkan, selaku anggota Dewan maupun sebagai tokoh di Kuranji ini sangat menyokong pembangunan Sekolah SMPN 45. 

"Kita menyokong untuk ini. Itu kan program yang pemerintah dalam masalah pendidikan di Kota Padang. Apalagi dengan adanya sistem zonasi (jarak sekolah), maka ada keinginan bersama untuk membangun smp tersebut," kata Anggota Komisi IV DPRD Kota Padang ini.

Diterangkan Zulhardi, Kelurahan Kuranji memiliki penduduk terbanyak di Kota Padang. Sementara untuk SMP Negeri tidak memadai. Maka perlu diupayakan untuk membangun SMPN 45 ini. Kalau tidak, tentu anak-anak kita yang akan melanjutkan sekolah ke tingkat SMP akan menjadi terpinggirkan/terganjal.

"Dan persoalan bagaimana anggarannya, tentu harus ada komitmen antara tokoh masyarakat dan pemerintah terlebih dulu. Kalau anggaran nantikan bisa menyusul, sekarang sistem pemerintah kan kegiatan dulu, kini kegiatannya dulu, boleh tidak dibangun sekolah, baru kita anggarkan," pungkasnya. (Arman)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top