Penandatanganan prasasti oleh Walikota Padang, Hendri Septa sebagai peresmian jalan Parak Bungo yang disaksikan langsung Ketua DPD Kota Padang, Irwan Basir Datuk Rajo Alam, juga sebagai Mamak dituokan Kaum Suku Jambak Kuranji

Padang - Kegiatan Padat Karya Infrastruktur 2021, berupa pembukaan jalan baru dan pengerasan jalan Parak Bungo Pasa Lalang, Rt 01/Rw 07, Kelurahan Kuranji, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, sepanjang 325m x 4m ditutup dan diresmikan Walikota Padang, Hendri Septa, Kamis (15-6-2021).

Peresmian tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti, sekaligus Wako Padang menamai jalan tersebut dengan Jl. Kaum Suku Jambak, karena dibangun diatas tanah wakaf kaum Suku Jambak.

Dalam sambutannya, Walikota Hendri Septa menyampaikan, pelaksanaan padat karya infrastruktur yang telah dilaksanakan selama 10 hari kerja ini berupa pengerasan jalan yang dimulai pada hari senin 7 Juni 2021 lalu. Dipilihnya Pasa Lalang merupakan inisiasi masyarakat yang melakukan rembug dengan persiapan meliputi koordinasi intern dan ekstern dengan instansi terkait (Dinas Tenaga Kerja Kota Padang).

Untuk itu ia berharap, hasil dari kegiatan tersebut bermanfaat bagi masyarakat mengingat daerah tersebut merupakan kawasan pertanian, semoga keberadaan jalan ini dapat mempermudah dan memperlancar masyarakat dalam mengangkut hasil pertanian, pupuk dan lain sebagainya.

Tidak lupa Wako Hendri mengucapkan terima kasih kepada Ahli Waris Suku Jambak yang telah bersedia mewakafkan tanahnya untuk kepentingan masyarakat sekitar, juga kepada seluruh pihak yang terlibat dalam pembangunan jalan.

"Diharapkan dapat menjadi upaya peningkatan perekonomian masyarakat. Sebab itu pula, harapan untuk menjaga kekompakan dan menjaga apa yang telah dibangun tersebut," ucap Hendri Septa.

Wako Hendri Septa bersama Ketua DPD LPM Kota Padang, Irwan Basir meninjau jalan baru Parak Bungo yang baru saja diresmikan 

Kesempatan itu, Ketua DPD LPM Kota Padang Irwan Basir Datuk Rajo Alam, SH.MH mengatakan, masyarakat mengucapkan terimakasih kepada pemerintah Kota Padang, terutama Dinas Tanaga Kerja dan Perindustrian Kota Padang yang telah memflowup kepentingan masyarakat, dari masyarakat dan untuk masyarakat.

"Disini kita bisa melihat kerja nyata pemerintah dengan masyarakat, ketika ada suatu aktifitas yang positif membuka peluang tenaga kerja dan juga azaz manfaat membuka akses jalan, khususnya bagi kaum suku jambak ini, dua kepentingan sudah terjalankan," kata tokoh sentral Kuranji ini.

Disebut Irwan Basir, ini suatu bentuk kerjasama antara kita semua, baik warga, tokoh masyarakat ataupun pemerintah baik tingkat Kelurahan, Kecamatan dan Kota. Hingga dari awal sampai penutupan dan peresmian padat karya infrastruktur tahun 2021 oleh Pak Walikota Padang.

"Ini menandakan suatu saat kita harus ada peningkatan. Maka oleh sebab itu, masyarakat jangan berpikir sesuatu yang dibuka untuk dijadikan alat komunitas ekonomi untuk dijadikan perumahan. Ini harus di wanti wanti," tegasnya

Irwan Basir pun menambahkan, dengan jangkauan yang cukup bagus agro bisnis pertanian di daerah pasar lalang ini, Pemerintah Kota Padang bisa membuat program pertanian, ketahanan pangan. 

"Nonsense kita bicara ketahanan pangan, kalau tidak diisi dengan Intensifikasi peningkatan hasil produksi dari lahan yang sangat indah dan bagus ini," ucap Irwan Basir.

Dijelaskannya, jalan baru ini merupakan jalan lingkar. Jadi dengan adanya embrio yang sudah dibuat oleh Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian ini bisa saja dilanjutkan dengan proyek manunggal atau partisipasi Pokir Anggaran DPRD dan anggaran pemerintah.

"Nah itulah kerja sama yang kita galakan dalam bentuk pembangunan didaerah kita, secara umumnya Kota Padang yang sangat kita cintai ini," pungkas Irwan Basir Datuk Rajo Alam.

Hadir pada kesempatan itu, Kadis Tanaga Kerja dan Perindustrian Kota Padang Suardi, Kasi Pemberdayaan Masyarakat Kecamatan Kuranji Irfan, Lurah Kuranji Kasma Efendi, Tim Teknis dari PUPR, unsur Bappeda, Abd. Rahman dan Rahmin (Ahli Waris Suku Jambak) dan Tim pelaksana Padat Karya Infrastruktur tahun 2021. (**)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top