Ketua MPA KAN Pauh IX Kuranji, Irwan Basir Datuk Rajo Alam, SH.MM mengukuhkan Suardi Datuk Rajo Bujang sebagai ketua KAN Pauh IX Kuranji periode 2021-2026


Padang - Ketua Majelis Pertimbangan Adat Kerapatan Adat Nagari (MPA-KAN) Pauh IX Kuranji, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, Irwan Basir Datuk Rajo Alam, SH.MM mengukuhkan ketua KAN Kenagarian Pauh IX terpilih hasil musyawarah pemilihan Ketua KAN Pauh IX periode 2021-2026.

Pantauan media ini dilokasi, Suardi Datuk Rajo Bujang terpilih dalam pelaksanaan musyawarah pemilihan ketua KAN di Kanagarian Pauh IX Kuranji yang dilangsungkan di Kantor KAN Pauh IX Kuranji, pada Minggu (22-8-2021).

Ketua MPA KAN Pauh IX, Kuranji, Irwan Basir dalam sambutannya menitipkan pesan, sebagai yang didulukan selangkah, ditinggikan seranting, ketua KAN harus bisa mengayomi seluruh tapian yang ada dikanagarian Pauh IX Kuranji.

"Artinya, apa yang sudah kita berikan, sebelum kita menuntut apa yang diberikan, maka berikan lah yang terbaik untuk nagari ini, karena apa? Kuranji ini memang menjadi baro meternya bagi kota padang," ucapnya.

Dikatakan Irwan Basir, dalam menjalankan fungsi KAN dikanagarian Pauh IX Kuranji, harus ada raso dibaok naiak, pareso dibaok turun. Kita harus tahu kiasan bahasa mandaki, malereang, mandata dan manurun. Dan ini tidak hanya sekedar bicara di sesembahan adat saja.

"Akan tetapi dapat dipermentasikan atau dieksekusi dan ini dapat jadikan suatu rumusan dalam kehidupan beradat kita. Sehingga dalam menyelesaikan masalah, tiba diperut tidak dikempiskan, tiba dimata tidak dipicingkan," ungkapnya.

Irwan Basir mengharapkan, lambaga KAN Pauh IX Kuranji dapat membina silaturahmi, ukhwah islamiah dan hubungan habluminannas sesama masyarakat hukum adat. Dan ini yang kita jadikan momentum, maka bangkitkanlah raso jo paraso di nagari kita ini.

"Kita rangkum pendapat yang berbeda dalam bentuk satu kesatuan, kalau ini sudah terpatri, kita akan buat regulasi adat nagari Pauh IX ini, mau tidak mau, suka ataupun tidak suka. Sehingga fungsi dan peran KAN semakin baik di tengah masyarakat," pungkas Datuk Irwan Basir.

Wali Kota Padang, Hendri Septa yang ikut hadir pada kesempatan itu, menyampaikan selamat dan sukses atas digelarnya musyawarah pemilihan Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Pauh IX untuk periode 2021-2026.

"Atas nama pribadi dan Pemerintah Kota Padang, kita mengucapkan selamat atas diselenggarakannya musyawarah pemilihan Ketua KAN Pauh IX beserta kepengurusan yang baru nantinya untuk masa bakti periode 2021-2026," katanya.

Wako Hendri Septa berharap, hasil musyawarah ini akan melahirkan ketua dan kepengurusan KAN Pauh IX yang baru. Di samping menjalankan fungsi dan programnya, juga bisa bersinergi dengan Pemerintah Kota Padang tentunya.

Lebih lanjut Wako Padang juga menyebutkan, sejatinya cukup banyak program Pemko Padang yang dapat disinergikan dengan KAN Pauh IX ke depan. Salah satu diantaranya adalah dalam mewarisi seni budaya dan tradisi Minangkabau di tengah masyarakat khususnya generasi.

Sementara itu, Indra Mairizal selaku Ketua Pelaksana Musyawarah Pemilihan Ketua KAN Pauh IX Periode 2021-2026 pemilihan tersebut menyebutkan pemilihan tersebut dilakukan berdasarkan telah habisnya masa jabatan ketua dan pengurus KAN Pauh IX sebelumnya tepat 24 Agustus 2021.

Proses pemilihan kata Indra Mairizal, ini melibatkan Ninik Mamak serta melibatkan perwakilan 9 (sembilan) tepian tepian suku di Kanagarian Pauh IX Kuranji.

"Sesuai kriteria yang ditentukan, kita menerima siapa yang ditunjuk sebagai calon ketua KAN Pauh IX periode 2021-2026 melalui musyawarah kali ini. Atas nama panitia penyelenggara kita mengucapkan terima kasih kepada semua pihak dalam suksesnya acara ini," pungkasnya. (Arman/vid)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top