Anggota DPRD Kota Padang, Murikhwan saat reses bersama masyarakat dan pengrajin sulaman Batung Taba


Padang - Upaya melestarikan Sulaman Emas di Kota Padang, Anggota DPRD Kota Padang, Murikhwan hadirkan pengrajin sulaman emas Batung Taba saat mengadakan Reses III DPRD Padang di Kelurahan Batung Taba, Kecamatan Lubuk Begalung, Minggu (31-11-2021).

Murikhwan mengatakan, dengan dihadirkan pegiat sulaman emas dikegiatan reses kali ini. Kita berniat mengembalikan citra sulaman emas dan mengangkat harkatnya kembali.

"Ini agar ia menjadi tuan rumah ditempatnya, jadi ia pengrajin, ia mampu untuk melihatkan nilai kerajinnya dan mampu memunculkan. Artinya, ia tuan rumah ditempatnya, ia berkuasa, jangan didalangi oleh pedagang-pedagang lain," ujarnya.

Disebut Murukhwan, sekarang saatnya kita buka jendela dunia terhadap karya sulaman emas Lubuk Begalung ini. Sekarang saja tidak terkerjakan untuk membuatnya.

"Itu salah satu langka kecil dan itu yang akan kita besarkan, sampai juga target kita membuat galeri, terlebih sulaman lubuk begalung. Karena diseluruh dunia, satu lubuk begalung yang punya, jadi yang fokus di sini menjadikan kampung sulaman," ungkapnya.

Terakhir wakil Ketua Komisi I DPRD Kota Padang ini menyampaikan, nanti akan ada dikumpulkan satu kali lagi para pengrajin sulaman emas ini. "Jadi setiap rumah itu punya pameran, kalau ada orang melihat sulaman jadi terjawab keinginan pecinta sulaman emas," pungkas Murikhwan.

Kesempatan itu, Ketua DPC LPM Kecamatan Lubuk Begalung, Zahirsyah Latif menyampaikan, dengan kehadiran anggota dewan dan adanya reses ini, setidaknya dapat dimanfaatkan bagi masyarakat untuk menyampaikan aspirasi mereka kepada wakilnya.

"Memang tujuan reses untuk menjemput aspirasi, tinggal lagi bagaimana masyarakat memanfaatkan reses dari anggota dewan ini untuk menyampaikan hal-hal yang sangat urgend sesuai batas-batas, fungsi dan tugas dari anggota dprd itu sendiri," ucap Bob, sapaan akrab Zahirsyah.

Disebut Zahirsyah, selama ini yang terjadi, seperti pokir anggota dewan, masyarakatnya tidak paham apa maknanya. Tadi tujuannya untuk lebih kepentingan luas untuk masyarakat, kadang kadang hasilnya, setelah dilakukan diturunkan pokir, manfaatnya tidak berpengaruh kemasyarakat luas.

"Jadi harapan kita, masyarakat kita harus lebih jeli dan lebih cerdas menyampaikan aspirasinya, supaya hasilnya bemanfaat luas kepada kehidupan bermasyarakat itu sendiri," pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan reses, Lurah Batung Taba Nan XX, Ketua DPC LPM Lubuk Begalung, Kapalo Mudu Batung Taba, Ketua KSPPS BMT Batuang Taba Nan XX, Bundo Kanduang Nagari Batung Taba dan Penggiat Sulaman Banang Ameh Sahati Kelurahan Batung Taba Nan XX, RW dan RT serta Tokoh Masyarakat Batung Taba. (Arman)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top