Foto bersama usai pemilihan KSB PPNSI Kota Padang pada Musyawarah Daerah


Padang - Selaku Anggota DPRD Kota Padang, Pun Ardi S.Ag sangat mengapresiasi terbentuknya kembali kepengurusan PPNSI Kota Padang yang diselenggarakan diRefan Hause, Jalan Pramuka Belakang Kampus AKBP Khatib Sulaiman, Sabtu 12 Januari 2022 siang.

Pun Ardi yang juga sebagai bidang terselenggaranya Musda ke 6 PPNSI Kota Padang inipun mengharapkan bangkitnya organisasi yang membela petani dan nelayan di Kota Padang.

Anggota DPRD Kota Padang dari PKS ini menilai, Kota Padang walaupun pusat ibukota, dengan areal pertanian pun masih cukup lumayan, sekitar 35 persen, kemudian punya garis pantai lebih kurang 70 kilo dan itu butuh sinergi dan kerjasama dari berbagai pihak yang konsen untuk bisa peningkatan, terutama tentunya menyangkut dengan kesejahteraan para petani dan nelayan.

"Tentunya tidak bisa pemerintah bekerja sendiri, nah karena itulah kita mendukung adanya organisasi ini, apalagi yang punya induk dari pusat hingga ke daerah, ikut bekerjasama membangun para petani ini, baik dari sisi ekonominya, pembinaannya. Juga termasuk hasil pemasarannya.

"Dan kita harus fikirkan bersama-sama dan sinergikan dengan program perintah, baik itu dari pusat, provinsi, ataupun kota," pungkas Pun Ardi, anggota DPRD Kota Padang murah senyum ini.

Armen Azhari selaku Ketua PPNSI Kota Padang terpilih menyampaikan, seperti arahan dari para pakar tadi, Anggota DPR RIri, DPRD Provinsi dan dewan pakar, yang perlu diperhatikan itu, sebenarnya adalah program memberdayakan.

"Jadi jangan sampai petani dan nelayan kita itu menjadi keluarga yang tidak sejahtera, kita perlu memberikan pelatihan-pelatihan, memfasilitasi, tentu semuanya itu tergantung kepada data. Salah satu program kami adalah mendata organisasi atau kelompok kelompok tani untuk kita berdayakan," ucapnya.

Kemudian, tambah Armen, dari masukan tadi kita dengar, bahwasanya persoalan itu adalah kalau kita berdayakan, tetapi setelah dihasilkan mau diapakan, makanya perlu memikirkan masalah pemasarannya.

"Nanti kedepan, untuk bisa masuk kepasar itu perlu adanya pelatihan dan pemberdayaan, mulai pelatihan dari produknya sendiri, kemudian kemasannya, kan bangsa pasar nih," ungkapnya.

Armen Azhari melanjutkan, advokasi itu sangat penting, karena masalah yang timbul sekarang, dengan perubahan status lahan, yaitu lahan pertanian yang diubah menjadi perumahan dan lain sebagai sebagainya, akhirnya daerah Kota Padang yang dikatakan mempunyai lahan pertanian yang besar itu tidak menjadi kenyataan, kalau itu tidak dipertahankan.

"Kita harus berani untuk membela itu, mengadvokasi masyarakat untuk tidak menjual lahannya kepihak pengembang pembangunan. Kalau pun ada, pemerintah harus bertanggungjawab untuk mencarikan lahan baru untuk pertanian sebagai pengganti yang ada, begitu juga nelayan," ujar Armen.

Untuk kepengurusan, Armen Azhari mengatakan, akan mempersiapkan kepengurusan dengan mengajak bergabungnya orang-orang yang respek terhadap organisasi ini. Jadi jangan organisasi ini merek saja, organisasi harus ada sekretariatnya, jadi kalau ada sekretariat kita bisa kumpul.

 "Jadi kalau ada informasi yang disampaikan, bisa kita diskusikan denga berkumpul, tapi kalau tidak ada sekretariatnya hanya lewat WA saja, kan ndak jelas. Itu penting ada sekretariat, kemudian kita lengkapi kepengurusan, menghubungi orang orang yang respek terhadap masalah petani dan nelayan," pungkas Armen.

Ketua PPNSI Provinsi Sumbar, Guswardi mengatakan, PPNSI Kota Padang adalah musda yang ke 6 dari kabupaten/kota yang sudah melaksanakan musyawarah.

"Alhamdulillah musda PPNSI Kota Padang ini yang terbaik, ramai dihadiri oleh banyak pejabat. Harapan kita, pengurus yang terpilih ini bisa melaksanakan amanah dengan baik dan bisa aktif, sehingga mampu membantu petani dan nelayan kita kota padang untuk peningkatan kesejahteraannya," ungkapnya.

Diterang Guswardi, PPNSI merupakan ormas yang dilahirkan tahun 2005 oleh kementrian pertanian melalui beberapa orang tokoh kementerian pertanian, tujuannya adalah bagaimana memberdayakan petani dan nelayan dan bermitra dengan pemerintah.

"PPNSI itu membantu mendukung program-program pemerintah dibidang pertanian dan nelayan," pungkasnya.

Struktur Pengurus PPNSI Kota Padang 2022 - 2027, : Ketua Ir. Armen Azhari, MM, Wakil Ketua Gufron, SS, Sekretaris, Juli Amin Putra, S.Pd.I. MA, Wakil Sekretaris, Andes Robensyah, SH, Bendahara, Dr. Sukmareni, MH. (Arman)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top