Wako Hendri Septa saat memberikan kata sambutan dalam acara penyerahan secara simbolis dana RT/RW


Padang - Penyerahan Dana Operasional RT/RW secara simbolis oleh Walikota Padang, Hendri Septa dibarengi berbuka puasa bersama dilingkungan  Kecamatan Lubuk Begalung, Rabu 27 April 2022.

Terlihat ratusan Ketua Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) se- Kecamatan Lubuk Begalung, Kota Padang menghadiri penyerahan secara simbolis dana operasional RT/RW dibarengi berbuka puasa bersama.

Wali Kota Padang, Hendri Septa pada kesempatan itu menyebutkan, dana operasional yang diberikan kepada RT/RW sudah ada peningkatan, yaitu ada kenaikan dari tahun sebelumnya.

"Mulai triwulan I ini ketua RW menerima dana operasiona sebesar 410 ribu per orangnya per bulan yang sebelumnya sebesar 320 ribu. Sementara ketua RT menerima sebesar 350 ribu per orang per bulan yang sebelumnya sebesar 315 ribu,” kata Wako Hendri.

Ia menyebut, setidaknya bantuan tersebut bisa meringankan kegiatan yang dilakukan oleh RT dan RW dalam mengurusi warganya. “Mereka mitra kami jadi kami berkewajiban memperhatikan kebutuhan RT dan RW kami,” pungkas Wako.

Camat Heriza Syafani saat diwawancara diruangannya mengatakan, pelaksanaan penyerahan dana operasional RT/RW yang ada dikecamatan Lubuk Begalung dibarengi dengan berbuka puasa bersama dengan ASN dan Non ASN yang ada dilingkungan kecamatan Lubuk Begalung.

"Dikecamatan Lubuk Begalung sendiri, itu RW kita berjumlah 133, sedangkan RT berjumlah 511. Alhamdulillah, sama-sama kita dengar dari bapak walikota, bahwasanya ada kenaikan dana operasional RT/RW ini," ucap Camat.

Disebut Camat, tentu ini tidak lepas dari  program unggulan bapak Walikota Padang yang bertekat dari tahun ke tahun menaikan dana operasional RW/ RW ini.

"Untuk itu kita berharap, dengan adanya peningkatan OP ini, tentu harus dibarengi dengan peningkatan kinerja dari RT dan RW yang ada dikecamatan Lubuk Begalung ini khususnya," kata Heriza.

Disampaikannya, selama ini RT dan RW dicap sebagai tukang stempel yang hanya memberikan surat keterangan saja. Maka kedepannya diharapkan dapat melayani masyarakat lebih baik lagi.

"Selanjutnya, melalui RT/RW yang ada untuk bisa menggali potensi-potensi yang ada dimasing masing RT, maupun RW mereka. Seperti dari kepemudaan, kebudayaan, seni maupun sosial masyarakatnya, sehingga peran RT/RW benar-benar mampu mensukseskan program-program dari Pemko Padang," pungkas Camat Heriza. (Arman)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top