Ketua DPD LPM Kota Padang, Irwan Basir Datuak Rajo Alam saat berkunjung ke lokasi manunggal dan berikan bantuan


Padang - Ketua DPD LPM Kota Padang Irwan Basir Datuak Rajo Alam, SH.MM meninjau pelaksanaan Manunggal di dua lokasi Kelurahan yaitu Kelurahan Korong Gadang dan Kelurahan Kuranji Kecamatan Kuranji Kota Padang pada Minggu, 12 Juni 2022.

Kesempatan itu Irwan Basir mengatakan, pelaksanaan Manunggal yang selalu dilaksanakan setiap tahun ini adalah salah satu program dari Pemerintah Kota Padang. Bersama LPM, pemerintah berusaha membangkitkan swadaya masyarakat dan melibatkan masyarakat untuk turut serta dalam merencanakan dan melaksanakan pembangunan di daerahnya.

"Manunggal adalah salah satu bentuk partisipatif masyarakat dalam  pembangunan di daerahnya. Pelaksanaanya dengan cara bergotong royong oleh masyarakat dengan melibatkan seluruh komponen yang ada ditengah masyarakat. Bersama LPM dan pemerintah Kelurahan untuk mengerjakan proyek pembangunan yang telah direncanakan di dalam Musrenbang di Kelurahan," terangnya.

Menurut Irwan Basir, pelaksanaan manunggal yang dilaksanakan secara bergotong royong bermaksud agar masyarakat itu betul-betul merasa memiliki pembangunan tersebut. Yang memanfaatkan pembangunan itu adalah mereka sendiri.

"Di samping itu yang tahu dengan kebutuhan suatu daerah adalah masyarakat di daerah tersebut. Dari manunggal ini nantinya diharapkan akan lahir swadaya masyarakat yang nilainya jauh lebih besar dari dana pemerintah untuk kegiatan ini," ungkapnya.

Dijelaskan Irwan Basir, sasaran utama dari manunggal adalah memunculkan swadaya masyarakat dengan dana pancingan dari Pemerintah. Hasilnya, swadaya masyarakat jauh lebih besar dari dana pemerintah.

"Masyarakat dengan suka rela menyumbangkan tanahnya, tanaman,  dan sumbangan juga tenaga. Inilah salah satu bentuk keberhasilan dari LPM dan Pemerintah Kelurahan dalam meningkatkan partisiptif masyarakat di daerahnya," ungkap ketua DPD LPM Kota Padang ini lagi.

Selain itu, Irwan Basir sangat berterima kasih sekali dan mengapresiasi masyarakat pemilik tanah yang dengan sukarela menyumbangkan tanahnya untuk sebuah pembangunan jalan. Itu adalah swadaya masyarakat yang nilainya sangat tinggi yang manfaatnya sangat besar untuk kebutuhan bersama.

"Saya sangat berterima kasih sekali dan mengapresiasi kepada pemilik tanah yang dengan sukarela menyumbangkan tanahnya untuk pembangunan jalan manunggal ini. Sumbangan apapun dari masyarakat baik yang tanamanya rela untuk ditebang atau sumbangan tenaga untuk bergotong royong, semua itu begitu tinggi nilai swadayanya," ujar Irwan Basir.

Pada Manunggal tahun ini Kelurahan Korong Gadang mengerjakan pembukaan jalan baru untuk akses perhubungan masyarakat. Pembukaan jalan ini bertujuan untuk meningkatkan taraf ekonomi masyarakat di daerah pembangunan jalan tersebut.

Sejalan dengan Kelurahan Korong Gadang, Kelurahan Kuranji yang juga ditinjau oleh Irwan Basir, masyarakat di kelurahan ini juga mengerjakan pembukaan jalan baru yang panjangnya lebih kurang 1500 m dengan lebar 6 m. Untuk kelurahan Kuranji ini total swadaya masyarakat untuk tanah sejumlah 9000 m dan ini adalah salah satu swadaya masyarakat yang sangat tinggi di Kecamatan Kuranji pada manunggal tahun ini.

Irwan Basir dalam kunjungan ke lokasi manunggal juga menyerahkan sumbangan dalam bentuk uang tunai kepada panitia manunggal. Masih di kelurahan Kuranji, Irwan Basir juga membantu salah satu warga yang sudah lansia dan tinggal di rumah yang tak layak huni denga sejumlah uang tunai. Bantuan tersebut diterima langsung oleh Pak Anas, nama warga tersebut. (Rill)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top