Warga Komplek Manggis Garden Kelurahan Gunung Sarik Kuranji yang juga Jamaah Musholla Al Hadhori saat menyembelih hewan qurban sapi


Padang - Musholla Al Hadhori yang berada di Komplek Manggis Garden Kelurahan Gunung Sarik Kecamatan Kuranji Kota Padang pada tahun 1443 Hijriyah , melaksanakan shalat Idul Adha berjamaah dan melaksanaan penyembelihan tujuh ekor sapi di Lapangan Musholla Al Hadhori, Sabtu 9 Juli 2022.

Ketua Pengurus Musholla Al Hadhori Sudarman mengatakan, bahwa hewan qurban tersebut setelah di sembelih dan dibungkus, kemudian akan di distribusikan kepada masyarakat.

“Daging qurban akan dibagikan kepada masyarakat sekitar dan warga yang berhak menerima. Warga tetap antusias untuk ber-qurban dan kerjasama dalam kekompakan selalu di utamakan dengan tetap ikuti protokol kesehatan,” pungkasnya.

Panitia qurban juga memastikan,  kesehatan hewan tersebut dengan adanya surat keterangan Kesehatan hewan (Keswan) dari Pemko Padang.

“Hewan qurban ini  juga memiliki surat keterangan keswan. Ini merupakan jaminan  pada masyarakat yang bakal menikmati daging qurban tersebut. Termasuk  juga lakukan pengecekan dengan kasat mata. Hewan yang kami  beli dalam keadaan sehat,” katanya.

Dikatakannya, dengan marakanya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pihaknya juga berhati-hati. Pasalnya daging kurban ini akan dinikmati warg sekitar.

Disampaikannya hewan ternak ini dibeli langsung ke peternak yang ada di Kota Padang.

“Alhamdulillah jamaah Musholla  Al Hadhori masih antusias dalam ikut berqurban,” katanya.

Ketua RT Komplek Manggis Garden Darnel mengatakan, untuk proses penyembelihan dan pemotongan hingga pembagian daging dilakuka secara swadaya masyarakat.

Dia menekankan, tak ada istilah diupahkan dalam proses kurban ini. Seratusan warga terlibat dalam proses ini.

“Alhamdulillah kami di Komplek Manggis Garden  ini kompak. Apalagi pemudanya, yang aktif dalam proses pemotongan. Nanti para ibu-ibu juga terlibat dalam memasukkan dalam kantong untuk dibagikan,” katanya.

Untuk sistem penyerahan atau pengambilan daging kurban, RT akan langsung mengakomodir warganya. Sebelumnya RT membagikan kupon yang juga telah distempel RT ke warganya. Nanti saat pengambilan, RT akan melayani warganya masing-masing. Ada juga RT yang mengantarkan ke masing-masing warga.

“Konsep ini kami  lakukan agar warga tak berkerumum di kawasan musholla  dalam pengambilan daging. Pola ini sudah disosialisasikan  RT pada warga,” katanya.

"Jumlah sapi yang diqurbankan di Komplek Manggis Garden terus mengalami peningkatan setiap tahunnya, tahun ini berqurban sebanyak tujuh sapi dari 47 orang peserta. Sedangkan tahun kemarin hanya lima sapi dan dua kambing," pungkasnya. (AdeBK) 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top