Saat kegiatan Yandu di kelurahan Banuaran Nan XX, Seklur sekaligus Ketua PKK kelurahan Banuaran Nan XX, Elia Roza dan Kasi Trantib kelurahan, Syukur bersama ibu dan balita 


Padang - Pasca covid yang juga melanda Kota Padang Provinsi Sumatera Barat 2 tahun belakangan. Pelayanan Posyandu di Banuaran Nan XX sudah mulai dilaksanakan secara normal. Terlihat, Yandu Cempaka Putih Banuaran sudah mulai diramaikan ibu-ibu yang memiliki bayi dan balita, Selasa 5 Juli 2022, pagi.

Bidan Pustu Banuaran Nan XX Mairiza kepada media ini mengatakan, biasa antusias kedatangan ibu-ibu yang memiliki balita cukup tinggi. Namun belakangan ini bisa dibilang agak kurang. Tapi hari ini termasuk cukup banyak.

"Biasanya untuk kegiatan posyandu kita adakan pemberitahuan dulu kepada kader-kader, kemudian mereka berikan himbauan kepada warga yang memiliki bayi dan balita," ungkapnya.

Untuk itu Mairiza berharap, posyandu ini lebih maju, dengan banyaknya minat warga yang memiliki bayi dan balita di kelurahan Banuaran. Apalagi dengan bertambahnya jumlah anak yang menderita stunting (gagal tumbuh). Setelah divalidasi sudah ada penurunan, itu menyebanya dari timbangan yang salah.

"Juga penunjang makanan bergizi bagi anak bayi dan balita di yandu ini bisa dikatakan sangat minim, biasanya bantuan dari kecamatan. Yaitu seratus ribu perbulan untuk satu yandu," ungkapnya.

Disebutnya lagi, untuk timbangan yang ada diyandu Banuaran, itu sudah patut diganti dan perlu uluran bantuan dari berbagai pemangku kepentingan untuk majunya yandu ini.

"Kita juga mengharapkan, adanya proaktif dari RT dan RWrt terhadap yandu ini. Yandu ini milik masyarakat, bukan milik orang kesehatan, namun sayang masyarakat seakan tidak peduli," pungkasnya.

Sementara, Ketua PKK Kelurahan Banuaran Nan XX, Elia Roza mengungkapkan, karena baru ditunjuk sebagai ketua pkk kelurahan. Rencananya akan segera memanggil kader-kader yandu cempaka putih. Dengan kembali mengaktifkan kader-kader yang ada dan mengganti yang tidak aktif.

"Nanti juga kita akan berupaya melibat RT/RW dalam kegiatan yandu ini. Semoga ada peningkatan dalam kegiatan yandu ini dan hasil kordinasi bersama RT/RW sebelum ini, tingkat pengunjung yandu sudah ada peningkatan," ucapnya.

Terakhir diungkap Ekia Roza, Alhamdulillah, Pos Lima Yandu Cempaka Putih sudah dibantu oleh Anggota DPRD Kota Padang, bapak Jupri (Mak Dang) sebuah warles.

"Warles ini sangat penting dalam kegiatan posyandu. Manfaatnya sangat tinggi menunjuang kegiatan yandu. Semoga nanti ada pagi bantuan lainnya untuk penunjang kegiatan yandu kita ini oleh bapak Jupri Mak Dang," pungkasnya. (Arman)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top