foto bersama, Anggota DPR RI, Andre Rosiade dalam peresmian pembangunan Pasar Belimbing Kuranji


Padang - Upaya penataan pasar sebagai sarana masyarakat memenuhi kebutuhan pokok, juga tak kalah penting, terciptanya kondisi pasar yang nyaman dan representatif. Oleh karena itu Pasar Rakyat Belimbing, Kuranji resmi diperancak.

Hal itu terungkap saat Anggota DPR RI fraksi Gerindra, Andre Rosiade meresmikan peletakan batu pertama bersama Walikota Padang, Hendri Septa, pada hari Selasa, 2 Agustus 2022, pagi.

Anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade selaku promotor pembangunan pasar Belimbing mengatakan, Pasar Rakyat Belimbing adalah satu dari sejumlah pasar yang pembangunannya difasilitasi olehnya di Sumbar.

"Dimana sebelumnya tahun 2010 telah dibangun dua pasar di Kabupaten Dharmasraya dan Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel). Selanjutnya pada 2021 juga dibangun Pasar Pematang Panjang di Kabupaten Sijunjung," ungkapnya.

Selaku pribadi dan Anggota DPR RI, ia sangat bersyukur pembangunan Pasar Rakyat Belimbing hari ini pengerjaannya dimulai dengan membangun sebanyak 24 kios dan 66 hamparan disertai sarana penunjang lainnya.

"Hal ini merupakan upaya dan kolaborasi kita bersama-sama dalam menghadirkan fasilitas berdagang yang layak, aman dan nyaman bagi  pedagang pasar. Semoga dengan itu minat masyarakat berbelanja ke pasar ini semakin meningkat. Jadi inilah harapan kita sesungguhnya," katanya.

Menurut Andre, Pasar Rakyat Belimbing memang layak dibangun, apalagi pernah terbakar dan pembangunannya sekarang juga tersendat.

"Kami bersama Pemko memastikan pembangunannya dengan mendatangi Menteri Perdagangan  beberapa bulan yang lalu. Proposal yang diberikan oleh Pemko pun alhamdulillah diakomodir oleh Menteri Perdagangan," pungkas Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar tersebut. 

Kesempatan itu Walikota Padang mengaku sangat bersyukur dan senang atas dimulainya pembangunan Pasar Rakyat Belimbing. Pasar ini sangat penting direvitalisasi sebagai salah satu pasar utama di Kota Padang, khususnya bagi masyarakat di wilayah Kecamatan Kuranji dan sekitarnya," ucap Hendri Septa.

Wako Hendri pun berharap, dengan ini pedagang dan pembeli di pasar ini menjadi nyaman, serta geliat perdagangan pun semakin meningkat.

Atas nama Pemerintah Kota (Pemko) dan warga Kota Padang menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas dukungan Anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade yang telah memfasilitasi upaya pembangunan Pasar Rakyat Belimbing tersebut.

"Alhamdulillah, beliau (Andre Rosiade) telah memfasilitasi rencana pembangunan Pasar Rakyat Belimbing ini, sehingga pasar tersebut bisa dibangun berkat dukungan Kementerian Perdagangan melalui dana Tugas Pembantuan (TP) APBN Tahun Anggaran (TA) 2022 senilai Rp4 milyar. Diperkirakan pembangunannya selesai dalam lima bulan ke depan," imbuhnya 

Lebih lanjut orang nomor satu di Kota Padang itu juga mengatakan pembangunan Pasar Rakyat Belimbing sejatinya merupakan bagian dari penataan pedagang yang dilakukan Pemko Padang secara bertahap. 

"Kita juga harapkan dengan dilakukannya pembangunan Pasar Rakyat Belimbing ini juga turut meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Kota Padang. Untuk itu kepada pedagang yang menempati kios yang baru nantinya diharapkan senantiasa menjaga dan menggunakan sarana perdagangan tersebut dengan sebaik mungkin," pungkas Walikota. (Arman/Hms)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top