dokumentasi acara reses Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Maigus Nasir


Padang - Tiga menjadi usulan warga kepada Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat, Maigus Nasir pada acara reses hari ini dikelurahan Andalas, kecamatan Padang Timur, tepatnya di Kampung Tarandam, pada Jumat 28 Oktober 2022 sore.

"Pertama itu, menyangkut dengan jalan dan drainase, yang mana daerahnya sudah sangat memprihatinkan. Bahkan masyarakat sudah mau mewakafkan tanahnya, ini kan menarik ini," katanya.

Disebut Buya Maigus, selama ini pemerintah kalau mau membangun adanya tanah yang tidak klir. Sekarang malah masyarakatnya yang proaktif, sehingga masyarakat mau mewakafkan tanahnya,  menghibahkan tanahnya untuk jalan.

"Akan tetapi jalannya yang belum dibangun juga, tentu ini yang menjadi keresahan kerisauan dimasyarakat, bahkan ada yang sampai mengancam. Kalau tidak dibangun juga tanahnya akan diambil kembali, tentu ini sesuatu hal yang perlu disikapi sesegeranya," harap buya.

Selanjutnya buya Maigus menyampaikan lagi, yang kedua terkait dengan pemberdayaan ekonomi masyarakat, ini hal yang menarik ditemukan disini. Adanya inisiatif pengurus mushalla dan jamaah serta tokoh masyarakat mengenai pemberdayaan ekonomi melalui polibek.

"Ternyata tanaman-tanamannya ini cukup subur yang saat ini ditanam itu terong dan ini adalah inovasi dari jamaah yang perlu kita suport. Sekarang ini belum ada didaerah ini kwt, maka kita menyarankan ibu ibu ini didukung oleh wadah, yaitu kelompok wanita tani," ujarnya.

"Begitu juga pemberdayaan ekonomi lainnya, seperti pengembangan usaha bersama, kuliner dan segala macam, ini tentu membutuhkan perhatian dari pemerintah, sehingga mereka bisa lebih berkembang lagi, tambah buya.

Lanjutnya, yang ketiga itu terkait dengan pembinaan pemuda dan remaja. Mendengar tadi dari salah seorang tokoh, ternyata masyarakat disini kita juga cukup prihatin, bagaimana anak anak kita yang tidak sekolah, ada anak anak kita yang terlibat narkoba.

"Problemnya disini belum ada fasilitas untuk kegiatan pemuda sehingga mereka larinya ke hal hal negatif. Kedepan inilah yang menjadi harapan masyarakat, supaya ada fasilitas bermain untuk anak anak dan pemuda, harus ada wadah mereka untuk mengembangkan potensi positif anak, pemuda dan remaja itu," tutur buya Maigus.

Untuk itu, kata buya, apakah itu dalam bentuk olahraga, kesenian dan lain lain, bisa juga dalam bentuk pengembangan ekonomi, karena anak-anak muda ini mereka lebih inovatif. Jadi 3 hal ini yang menjadi catatan kita, disamping mengenai rumah ibadah, mushalla tempat kegiatan kita ini yang masih perlu pembenahan, dari catatan yang disampaikan tadi,

"Insha Allah ini akan jadi masukan kita, nanti ketika penyusunan apbd 2024, mudah mudahan aspirasi yang mereka sampaikan akan bisa kita sikapi. Baik melalui APBD Provinsi Sumatera Barat atau pun nanti kita suarakan melalui APBD Kota Padang sendiri," pungkasnya.

Sementara, Tokoh Masyarakat Kp Tarandam Syafrial Dt Bandaro Itam dalam kesempatan itu mengucapkan terima kasih atas terlaksananya acara Reses Anggota DPRD Sumbar Maigus Nasir.

"Kita berharap apa yang menjadi masukan warga dari masyarakat kampung Tarandam tadi dapat diperjuangkan oleh buya Maigus di kelembagaan dewan provinsi nantinya," pungkasnya. (Arman)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top