Ketua DPD LPM Kota Padang, Irwan Basir saat memberikan kata sambutan dan menyerahkan seragam RT/RW, didampingi Lurah Kuranji, Martias


Padang - Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah, Ketua DPD LPM Kota Padang, Irwan Basir jalin silaturahmi sekaligus penyerahan secara simbolis baju seragam terbaru seluruh RT/RW di Kelurahan Kuranji, Kota Padang, pada Jum'at (17/3/2023) malam.

Kesempatan itu, Irwan Basir menekankan, fungsi RT/RW selaku mitra pemerintah kelurahan bersifat mengkoordinasi antar warga dan jembatan aspirasi antar sesama masyarakat dengan pemerintah daerah.

"Tak kalah penting peran RT/RW menjadi penengah dalam penyelesaian masalah-masalah kemasyarakatan yang dihadapi warga," ucapnya.

Disebutnya, selain membantu menjalankan tugas pelayanan kepada masyarakat yang menjadi tanggung jawab pemerintah kota, RT/RW senantiasa memelihara kerukunan hidup warga, menyusun rencana dan melaksanakan pembangunan dengan mengembangkan aspirasi dan swadaya murni masyarakat.

"Tugas dan fungsi RT/RW di atas dapat diketahui amatlah vital. RT/RW adalah lembaga kemasyarakatan yang berhubungan langsung dengan masyarakat, mereka adalah mulut dan telinga pemerintah yang memiliki fungsi sebagai penyampai kebijakan-kebijakan pemerintah dan sebagai penerima aspirasi pertama masyarakat," tutur Irwan Basir.

Namun, kata Ketua MPA KAN Pauh IX ini, jika dilihat dari keberadaan kelembagaan RT/RW di kelurahan Kuranji dalam menjalankan tugas dan fungsinya belum maksimal. Indikator yang terlihat adalah belum sepenuhnya ketua RT/RW mengetahui dan memahami akan tugas, fungsi dan tanggungjawabnya.

"Dengan kondisi yang demikian sangat berpengaruh terhadap kinerja kelembagaan RT/RW. Maka perlu koordinasi dan kerjasama pengurus RT/RW serta  pemerintah kelurahan serta pembinaan dari pemerintah seperti pelatihan yang berhubungan dengan birokrasi, tata kelola dan administrasi pemerintahan," pungkas Irwan Basir. (Dp)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top