Saat Wakil Walikota Padang, Ekos Albar memfasilitasi PKL korban kebakaran di ruang Abu Bakar Jaar


Padang - Wakil Walikota Padang, Ekos Albar undang puluhan pedagang kaki lima (PKL) yang menjadi korban kebakaran tempo hari untuk datang ke Balaikota Padang, Senin (22/5/2023).

Tujuan Wawako bertemu guna mencarikan solusi akan nasib pedagang ini kedepannya. "Hari ini kami undang untuk mencarikan solusi," jelas Ekos saat audiensi di Ruang Abu Bakar Jaar.

Wawako kesempatan itu menyatakan tak ingin korban kebakaran tersebut benar-benar terpuruk. Sudah lah jatuh, tertimpa tangga pula," ucapnya.

Ekos mengakui sangat prihatin atas nasib PKL korban kebaran ini. Itu diungkap saat para pedagang mengaku kesulitan.

"Pengakuan mereka, pada umumnya pedagang berhutang ke perbankan untuk menjalankan usaha. Saat ini, pedagang tidak lagi berdagang dan kesulitan untuk membayar cicilan bank," tuturnya.

Solusi bernas pun diberikan kepada pedagang. Wawako Ekos Albar langsung mengundang pihak perbankan. Di antaranya perwakilan Bank Nagari, BNI, BRI, BSI, serta Bank Mandiri.

"Harapan kita tentunya pedagang diberi keringanan pada saat ini," harap Wawako ke pihak perbankan yang hadir.

Ekos menginginkan, pihak perbankan dapat memberikan restrukturisasi kredit bagi korban kebakaran. Kemudian diharapkan pihak perbankan memberikan penambahan modal bagi pedagang yang menjadi nasabah (top up).

"Serta memberikan asuransi bagi pedagang yang menjadi korban kebakaran ini," harapnya.

Saat audiensi itu, seluruh pihak perbankan bersedia mengabulkan permintaan tersebut. Hal ini menurut pihak perbankan menjadi salah satu jalan keluar bagi pedagang.

"Kita akan bantu, pedagang silahkan hubungi person tempat awal melakukan kredit," ujar Diki, perwakilan dari BRI.

Selain mengundang perbankan, Pemko Padang juga menghadirkan Baznas, serta Dinas Sosial. Terlihat hadir Asisten I Setdako Edi Hasymi, serta Kepala Dinas Perdagangan Syahendri Barkah. 

Sementara itu di sisi lain Wawako Padang juga menyampaikan harapan bagaimana dana CSR milik perbankan juga dialirkan ke pedagang. Pemko Padang juga akan membantu mencarikan tempat berdagang yang baru bagi 47 pedagang yang menjadi korban kebakaran. (**)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top