Wakil Walikota Padang, Ekos Albar saat memberikan paparan kepada peserta Jitu Pasna 2023


Padang - Bimbingan Teknis Pengkajian Kebutuhan Pasca Bencana (Jitu Pasna) dibuka secara resmi Wakil Walikota Padang, Ekos Albar.

Kegiatan yang bertujuan untuk menciptakan masyarakat yang sadar dan peduli terhadap bencana dilangsungkan di ruangan Abu Bakar Ja'ar, Balaikota, Selasa (16/5/2023).

Ekos Albar mengatakan, Kota Padang yang merupakan ibu kota provinsi Sumatera Barat memiliki berbagai macam potensi bencana.

"Secara geografis, kita tahu bahwa Kota Padang memiliki potensi bencana alam. Seperti banjir, angin puting beliung, tsunami, gempa dan bencana lainnya," ucap Ekos.

Lebih lanjut disampaikan, penanggulangan bencana merupakan prioritas bagi Pemerintah Kota Padang untuk membangun ketahanan masyarakat yang siap menghadapi bencana.

"Melalui Bimtek ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan untuk melakukan pengkajian dan perhitungan pascabencana. Sehingga dapat menciptakan masyarakat yang sadar dan peduli bencana," ujarnya.

Menurut Ekos, dengan bimtek ini dapat mengkaji kerusakan dan kerugian fisik atau non fisik. Sehingga peserta yang mengikuti bimtek dapat mengaplikasikan ilmunya dengan baik. 

"Pemko berharap dengan kegiatan ini bisa meningkatkan kemampuan untuk siap menghadapi bencana," pungkas Wawako.

Sementara, Sekretaris BPBD Kota Padang Robert Candra Eka Putra menyampaikan, setelah bimtek ini akan dibentuk tim yang akan bergerak untuk melakukan pengkajian dan penghitungan apa saja dampak dari bencana tersebut.

"Adanya kegiatan ini sebagai langkah antisipasi untuk lebih siap menghadapi bencana. Adapun bimtek akan berlangsung dari tanggal 16-17 Mei yang diikuti oleh perwakilan OPD di Pemko Padang," pungkas Albert (**)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top