EksposSumbar, PADANG - Hujan deras mengguyur Kota Padang sejak 3 hari yang lalu. Menyisakan tumpukan sampah dipinggiran Pantai Muaro Lasak. Tumpukan sampah tersebut disebabkan adanya 5 Sungai yang mengalir ke Pantai Padang dengan membawa berbagai macam sampah pembuangan masyarakat.

"Pantai Muaro Lasak merupakan Objek Wisata Sumbar, Indonesia dan Internasional. Untuk itu dihimbau kepada masyarakat Kota Padang, untuk membuang sampah pada tempatnya. Mari kita bersama - sama menjaga kebersihan kota padang tercinta ini," ujar Wakil Walikota Padang Ir.H.Emzalmi, Kamis (12/10) pagi.

Dalam kegiatan itu Wawako Padang mengajak seluruh elemen untuk membersihkan sampah yang bertebaran di tepi pantai muaro lasak. Guna mengeruk puluhan ton sampah tersebut, Dinas Kebersihan Kota Padang. Mengerahkan 1 Unit alat berat jenis Beko, 1 Unit alat berat mini beko dan 12 Unit Truk  sampah berkapasitas 3 Ton untuk mengangkut sampah.

"Harapan Wawako Kota Padang tetap bersih dari sampah, dan sesuai dengan motto yang ada yakni Kota CANTIK (Terencana, Aman, Tertib dan Keterbukaan),"

Menurutnya akibat dari membuang sampah sembarangan bisa mengakibatkan bencana banjir, juga menimbulkan penyakit.

"Meski sudah ada petugas yang mengurusi masalah sampah, tapi apabila masyarakat tidak mendukung dan menjaga kelestarian lingkungan kebersihan tetap sulit untuk diwujudkan," ucap Wawako

Menurut salah satu petugas Dinas Kebersihan Kota Padang, Deny (47) mengatakan, pihaknya sudah melakukan pengerukan terhadap sampah - sampah sejak kamis subuh. Dikerahkan belasan truk berkapasitas 3 ton untuk mengangkut sampah.

Sampahnya macam-macam. Ada perabotan rumah, kayu-kayu yang paling banyak. Mungkin kayu bekas rumah warga dan hanyut terbawa banjir. Ada bangkai hewan, ayam, kucing, Itik. Makanya, bau bangkainya menyengat," ujarnya.

Hingga pagi ini, petugas Dinas Kebersihan Kota Padang tampak sibuk mengeruk dan mengangkut sampah sampai tuntas bersih. jumlahnya sampah menumpuk lebih kurang 50 Ton. Nanti, sampah-sampah ini dibuang ke tempat pembuang akhir.

Ditegaskan, bila ada yang ketahuan membuang sampah sembarangan, akan mendapat tindakab tegas, sesuai dengan aturan yang berlaku," pungkas Deny. ( AR/DP).
 
Top