Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah bersama Pj.Dirut PDAM Padang Edwar meniup lilin 43tahun HUT PDAM Padang, pada perayaan HUT PDAM di Tiger Camp Lubuk Minturun Padang. 
Ekspos Sumbar (PADANG) - Peringatan 43 Tahun PDAM Kota Padang berlangsung sederhana dan penuh keakraban di Arena Wisata Tiger ‘Camp Lubuk Minturun Kota Padang, Sabtu (30/ 1 2). Dihadiri Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah, berbagai kegiatan permainan pun digelar yang diikuti jajaran Direksi, Dewan Pengawas dan seluruh staf/karyawan.

 “Ini momentum bagi kita untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat Kota Padang, saya menargetkan pada 2019 semua warga Kota Padang terlayani air bersih.”sebut Wailikota Padang saat menghadiri kegiatan HUT PDAM Padang, di tempat wisata Tiger Camp di Lubuk Minturun. Koto Tangah, Sabtu (30/ 12).

Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah bersama Pj. Dirut PDAM Padang Edwar potong tumpeng 43tahun HUT PDAM Padang, pada perayaan HUT PDAM di Tiger Camp Lubuk Minturun Padang. 

Dikatakannya, fungsi PDAM tidak hanya untuk mencapai target provit, namun untuk melayani kebutuhan air bersih masyarakat. Semakin banyak masyarakat yang terpenuhi air bersih, maka target pepusahaan tersebut dapat dicapai. 

HUT PDAM kali ini men jadi istimewa, karena hutang PDAM senilai Rp77 miliar dihapuskan. Upaya itu, sudah ditindaklanjuti oleh pemerintah pusut, kini tinggal menunggu resminya. 

Selain itu PDAM juga akan menerima Instalasi Pengolahan Air (IPA) Taban dengan kapasitas 100 liter perdetik dari Dirjen Cipta Karya Kementrian PUPR. Beroperasinya IPA tersebut akan menambah cakupan layzman PDAM pada 2018. PDAM memperkirakan me nambah cakupan mencapai 5 persen

Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah secara simbolis membuka kran penggunaan air pertama IPA Taban dengan kapasitas 100 liter perdetik.

"Ini buah kerjasama kita mari kita sama -sama membangun Kota Padang. Kalau ada peluang lagi mari kita jemput. Ayo kita bergerak bersama, agar PDAM lebih 
maju lagi, ”sebutnya. 

Menurutnya pelayanan pemenuhan air bersih bagi masyarakat Kota Padang, juga menjadi iadang amal bagi perusahaan. “Tampa air bersih, orang tidak bisa heribadah dengan baik,”sebutnya.

Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah bersama Pj.Dirut PDAM Padang, Edwar melihat kondisi sumber air di IPA Taban Koto Tangah, Padang
"Sementara, Pj. Direktur Utama PDAM, Edwar mengatakan, saat ini pelanggan PDAM sudah mencapai 100 ribu lebih. Dengan cakupan sudah 76 persen penduduk. Jika ditambah dengan Pamsimas, layanan sudah mencapai 91 persen. Jika IPA Taban dioperasikan dengan Penyerahan dari Dirjen Cipta Karya pada PDAM maka cakupan bisa mencapai 80 persen lebih.

Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah bersama Pj. Dirut PDAM Padang, Edwar, Dewan Pengawas dan Jajaran Direksi PDAM saat meninjau IPA Taban, Koto Tangah
''Pada 2018 kita targetkan ada 8.000 sambungan baru dengan itu, maka minimal kita bisa mencapai 80 persen cakupan layanan air bersih bagi penduduk Kota. Padang, ”sebutnya. 

Untuk pencapaian 100 persen cakupan air bersih bagi penduduk Kota Padang pada 2019 optimis dapat dicapai. Target Iayanan tersebut akan dipenuhi oleh PDAM 80 persen, sisanya diisi oleh Pamsimas dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. (adv) 
 
Top