Ekspos Sumbar (Pasbar) - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) mengadakan lomba seni tari tradisional tingkat TK, SD, SMP dan SMA se - Pasbar di Balerong Kantor Bupati, Selasa (23/10).

Lomba tersebut diikuti oleh ratusan kelompok seni tari tradisional dari sejumlah sekolah yang yang ikut dalam lomba tersebut. Berbagai tari tradisional diperagakan oleh para siswa, baik tari Minang, Jawa dan Mandahiling.

Ketua TP PKK Pasbar Ny Yunisra Syahiran dalam sambutannya mengatakan, Pasbar merupakan daerah yang majemuk yang mempunyai keunikan tersendiri yaitu keberagaman masyarakat dan budaya, yang terdiri dari etnis Minang Kabau, Mandahiling dan Jawa yang hidup rukun saling berdampingan.

“Melalui perlombaan tari tradisional ini kita harapkan kelestarian kesenian serta terpeliharanya nilai-nilai budaya dan seni. khususnya seni tari yang ditanamkan pada siswa-siswi di Pasbar,” ujarnya.

Melalui perlombaan tari tradisional ini lanjut Caleg Provinsi Sumbar dari Gerindra itu, diminta kepada generasi muda Pasbar khususnya dikalangan pelajar agar dapat menggali potensi diri terutama di bidang seni tari dan budaya.

“Untuk menjadi pemuda-pemudi yang berkarya dan memberikan yang terbaik untuk keluarga, sekolah dan tanah kelahiran yang kita cintai dan bangsa ini,” ujar Anggota DPRD Pasbar ini.

Untuk itu, kepada para peserta lomba tari agar menampilkan yang terbaik untuk para dewan juri dan undangan. Kemudian para peserta lomba agar mengeluarkan kemampuan dan bakat secara maksimal dan fokus pada perlombaan. (Ron)
 
Top