Ekspos Sumbar (Pasbar) - Bupati Pasbar Drs H Syahiran bersama Ketua TP PKK Pasbar yang juga Anggota DPRD Pasbar dari Gerindra Yunisra S.Pd meninjau langsung 4.316 peserta tes CPNS dari Pasbar untuk memberikan motifasi kepada peserta agar bisa lulus menjadi abdi negara dilingkungan Pemkab Pasbar, di Gedung Pustaka Bung Hatta Bukittinggi, Senin (5/11).

Bupati Pasbar Syahiran mengatakan, peserta CPNS tersebut harus berjuang dengan sungguh-sungguh dan penuh keikhlasan. Jangan percaya kepada pihak manapun yang berjanji mampu untuk meloloskan menjadi PNS.

"Kepada semua peserta saya himbau untuk melewati prosedur yang berlaku, sehingga tidak ada lagi kesalahan dalam hal administrasi. Seperti melakukan registrasi diruang tunggu sebelum ke ruangan CAT. Selain itu, kerahkan kemampuan diri, optimis untuk lolos dan jangan percaya calo atau iming-iming dari pejabat tertentu untuk menjadi PNS," jelas Syahiran.

Ia menambahkan, peserta CPNS diharapkan untuk tetap bersikap tenang dalam ujian dan menjawab semua pertanyaan. Sebab, rasa gugup akan membuat pikiran tidak bisa berpikir secara jernih. 

Syahiran berharap, dengan sistem CAT dalam perekrutan PNS bisa menghasilkan PNS yang berkualitas. Karena dengan sistem ini tidak ada lagi celah untuk membantu para peserta. Mereka lulus dengan kemampuan mereka sendiri. Dalam proses ujian peserta akan bisa melihat langsung berapa nilai setiap peserta.

Kemudian, setelah selesai ujian para peserta dan keluarga peserta ujian sudah bisa melihat langsung pengumuman perolehan nilai yang di prinkan oleh panitia dari komputer monitor.

"Jadi tidak ada peluang untuk para calo dalam mengiming-imingi peserta tes CPNS. Kepada seluruh peserta ujian CPNS jangan percaya kepada iming iming yang disampaikan siapa saja dalam hal bisa membantu untuk meluluskan jadi PNS," tegasnya.

Dengan adanya  sistem dan mekanisme tes tidak ada celah untuk membantu peserta selain peserta itu sendiri. Tentunya saya berharap para peserta selalu berdoa semoga para peserta diberikan kemudahan dalam menjawab semua soal ujian.

Sementara Yunisra juga berharap kepada peserta tes agar lebih fokus dan jeli membaca soal ujian. Jangan gegabah dan tergesa-gesa dalam menjawab soal ujian.

"Apalagi tes CPNS tahun ini transparan dan tidak ada kong kalingkong dalam penerimaan CPNS di Pemkab Pasbar," tegas caleg DPRD Sumbar dari Gerindra Dapil IV Sumbar ini.

Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Pasbar Yudesri menambahkan, dari seluruh peserta tes CPNS dari Pasbar sebanyak 4.316, hanya 250 orang yang diterima untuk menjadi CPNS sesuai formasi yang dibutuhkan oleh Pemkab Pasbar.

"Ujian CPNS akan dilaksanakan mulai dari 5-8 November 2018. Dalam satu hari akan dilaksanakan 5 sesi ujian. Semoga ujian CPNS untuk Pasbar berjalan dengan baik, lancar dan sukses. Semoga cuaca mendukung selama pekaksanaan ujian sehingga memudahkan tentunya bagi peserta ujian dari Pasbar," pinta Yudesri. 

Pelaksanaan ujian tersebut diawasi langsung oleh BPKP pusat maupun Inspektorat Provinsi, Inspektorat Kabupaten dan Kota. (Roni)
 
Top