Ekspos Sumbar (Pasbar) - Bantuan Beras Sejahtera (Rastra) sekarang sudah tranformasi ke Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Sehingga penerima Rastra menerima uang elektronik (kartu BPNT) yang bisa digunakan di E -Warung yang bekerja sama dengan Bank Mandiri. 

Peluncuran kartu BPNT tersebut dilakukan oleh Bupati Syahiran pada Senin (17/6) setelah apel pagi. Bantuan Pangan Non Tunai dicanangkan secara nasional untuk Kabupaten Pasaman Barat pada tanggal 1 Juni 2019. BPNT merupakan tranformasi dari bantuan sosial Rastra. 

"Maka pada hari ini dilakukan launching sebagai pertanda dimulainya penyaluran BPNT kepada masyarakat keluarga penerima bantuan sesuai dengan surat kementerian sosial Republik Indonesia nomor 870/4.2/DI.01/05/2019 tanggal 21 Mei 2019 tentang penetapan KPM BPNT tahun 2019," tandas Syahiran.

Ia melanjutkan, Keluarga Penerima Manfaat (KPM) untuk Pasbar berjumlah 23.923 KK yang akan disalurkan oleh Bank Mandiri melalui 41 E-Warong untuk tahap pertama. 

"Dengan BPNT ini dapat meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat Pasbar khususnya fakir miskin dan orang tidak mampu," tandas Syahiran.

Sedangkan tujuan BPNT adalah mengurangi beban pengeluaran KPM melalui pemenuhan sebagian kebutuhan program, memberikan gizi yang lebih seimbang, meningkatkan ketepatan sasaran dan waktu penerima bantuan serta mendorong pencapain tujuan pembangunan berkelanjutan. (Ron)
 
Top