Sekdis Andiko Jumarel memberikan informasi Sentral IKM Rendang Payakumbuh kepada rombongan guru SMPN24 Padang


Payakumbuh - Program School of Randang yang digagas Pemerintah Kota Payakumbuh mulai menarik minat dan rasa penasaran sekolah dari luar kota untuk belajar tentang makanan khas orang Minang ini.

Pada Kamis (24-6-2021), rombongan guru SMPN 24 Padang datang ke Sentra IKM Randang Kota Payakumbuh dipimpin Kepala Sekolah Dwifa Kesuma. Rombongan disambut Sekretaris Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Payakumbuh Andiko Jumarel dan Kepala UPTD Novit Ardy. 

"Kedatangan kami ke Sentra IKM Kota Payakumbuh adalah dalam rangka Study Korporatif terkait dengan School of Randang yang saat ini sedang digalakan oleh Pemko Payakumbuh," kata Dwifa.

Selama Sekdis Andiko Jumarel mengajak rombongan berkeliling melihat kedalam Sentra IKM Rendang, tamu disuguhi dengan informasi lengkap. Sekdis memperlihatkan cara kerja alat dari awal proses sampai menjadi Randang dalam bentuk kemasan.

Puas berkeliling di lokasi sentra, rombongan diajak untuk melihat hasil produksi dari Sentra IKM yang sudah terpajang di Galeri The City of Randang.

"Semoga apa yang menjadi tujuan dari SMPN 24 Padang ke sini dapat terpenuhi dan bermanfaat. Berkaitan dengan Wisata Gastronomi, tujuan dari School of Rendang adalah salah satu upaya Pemerintah Kota Payakumbuh melestarikan budaya dan kearifan lokal Minangkabau," kata Andiko.

Sekdis Andiko juga mengharapkan, agar generasi muda Minang ini jangan sampai tidak tahu dengan masakan tradisi khas Sumatera Barat salah satunya Rendang.

Meski untuk tahap awal ini, menurutnya sasaran peserta adalah para pelajar se Kota Payakumbuh, untuk teknis dan jadwalnya nanti disusun oleh tim dari School of Randang. Harapannya kedepan, tidak ada lagi generasi muda Minangkabau yang tidak tahu dengan Randang.

"Kalau bukan kita siapa lagi, kalau bukan sekarang kapan lagi," tegas Andiko.

Kepala SMPN 24 Dwifa Kesuma mengaku sangat terkesan dengan Kota Payakumbuh, apalagi setelah melihat Sentra IKM Rendang dan juga mendengarkan penjelasan dari Sekdis Andiko, mereka sangat senang berkunjung ke Kota yang berjuluk The City of Randang.

"Terima kasih kepada  Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Payakumbuh yang sudah mau berbagi pengalaman dengan kami. Kedepannya, kami berharap Pemerintah Kota Payakumbuh mau menyertakan kami dari SMPN 24 Padang untuk bisa mengikuti Program School Of Randang," ucap Dwifa diamini jajaran guru. (Her)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top