Ekspos Sumbar (Jogyakarta) - Sebuah penghargaan berhasil diraih Pemerintah Kota Padang. Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi dari Kementerian Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UKM) Republik Indonesia kepada Pemerintah Daerah dengan Organisasi Perangkat Daerah Bidang Koperasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah Terbaik di tahun 2017. 

Pjs Walikota Padang diwakili Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Yunisman menerima penghargaan ini dari Menteri Koperasi dan UKM RI, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Koperasi dan UMKM tahun 2018 di Ramayana Ballet Kompleks Candi Prambanan, Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu (4/4) malam kemarin. Pada kesempatan itu beberapa gubernur, walikota dan bupati se-Indonesia juga menerima penghargaan yang sama.

Menkop dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga menyampaikan selamat kepada kepala daerah, OPD terkait, koperasi terbaik dan berprestasi yang telah sukses memberikan perhatian terhadap kemajuan koperasi dan UMKM di daerah dari beberapa indikator. Ia pun juga mengajak agar seluruh pihak terkait bidang koperasi untuk meningkatkan program-programnya disertai peningkatan kewirausahaan yang telah dilakukan.

“Maka itu kami mengucapkan selamat bagi kepala daerah baik gubernur, walikota dan bupati yang menerima penghargaan ini. Selain itu juga pemerintah daerah penerima penghargaan pengelolaan data koperasi terbaik, koperasi penerima dana dekonsentrasi terbaik, penyelenggara pelatihan anggota koperasi terbaik dan koperasi produksi penerima penghargaan dengan nilai transaksi tertinggi di tahun 2017 ini,” sebutnya sewaktu membuka Rakornas selama 4-6 April itu. Adapun tema Rakornas ‘Sinergitas Pusat dan Daerah dalam Pemberdayaan Koperasi dan UMKM’.

Tidak saja pemberian penghargaan, melalui Rakornas ini Menteri Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga berharap semakin meningkatnya koordinasi antara pemerintah pusat dan daerah terkait pembangunan Koperasi dan UMKM ke depan.
“Koordinasi tentu sangat penting karena peran koperasi dan UMKM dalam perekonomian Indonesia cukup besar. Mari kita semua meningkatkannya,” imbaunya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Padang Yunisman mengatakan pihaknya bersyukur atas penghargaan yang diterima Pemerintah Kota Padang terutama melalui dinas yang dipimpinnya. Menurutnya, penghargaan ini sebagai motivasi ke depan untuk lebih meningkatkan Bidang Koperasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kota Padang ke depan.

“Penghargaan ini tidak lepas dari pelaksanaan program prioritas  walikota untuk mendorong peningkatan pembinaan terhadap koperasi dan pengembangan wirausaha, yang dibuktikan dengan pertumbuhan ekonomi masyarakat," sebutnya.

Seperti diketahui, penghargaan ini hanya diraih Pemerintah Kota Padang dari 19 pemerintah kabupaten/kota yang ada di Sumatera Barat. (Hms)
 
Top