Foto bersama LPM Kelurahan dan DPC LPM Kecamatan Lubuk Begalung dalam kegiatan Silaturahmi dan Temu Ramah


Padang - Dalam rangka penguatan kelembagaan di setiap LPM Kelurahan yang ada dilingkungan Kecamatan Lubuak Bagaluang, maka Dewan Pimpinan Cabang Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kecamatan Lubuak Bagaluang mengadakan Silaturahmi dan Temu Ramah yang dilaksanakan disalah satu kediaman pengurus DPC LPM Kecamatan pada kamis malam (4-11-2021).

Dari 15 LPM Kelurahan yang ada di Kecamatan Lubuak Bagaluang, yang hadir hanya 9 LPM dikarenakan kondisi cuaca yang kurang bersahabat. Seperti yang disampaikan oleh Zahirsyah Bob Latif Ketua DPC LPM Lubuak Bagaluang.

"Kita di Kecamatan Lubuak Bagaluang ini punya 15 Kelurahan yang mana setiap Kelurahan punya kepengurusan LPM. Kita berpikiran positif saja dengan hanya 9 Ketua LPM yang hadir karena kondisi cuaca yang kurang bersahabat dan juga ada satu kelurahan yang sedang dalam proses pembentukan Panitia Pemilihan Ketua LPM," ujarnya.

Namun begitu, kata Bob, tidak mengurangi arti dari pertemuan ini, dan harapan kami sebagai pengurus DPC untuk pertemuan selanjutnya akan dihadiri oleh seluruh Ketua Ketua LPM yang ada dilingkungan Kecamatan Lubuak Bagaluang ini.

Disamping itu, Ketua DPC LPM yang biasa dipanggil Bob ini juga menyampaikan beberapa program kerja dalam rangka percepatan pembangunan yang partisipatif sesuai dengan amanat undang undang.

Karena LPM sebagai mitra pemerintah wajib mengawal dan menggiring pembangunan di kelurahan tempat dia diamanahkan.

Dalam kesempatan itu, kegiatan yang dipandu oleh Erizal Syaf selaku Bendahara DPC LPM meminta paparan kepada masing masing Ketua LPM Kelurahan yang hadir terkait persoalan yang ada di kelurahannya.

Dari berbagai pemaparan dapat diambil kesimpulan bahwa setiap kelurahan hampir sama persoalan yang terjadi, seperti halnya tentang terjadinya banjir apabila terjadi hujan diatas 2 jam dengan intensitas tinggi.

Disamping itu ada juga keluhan dari para Ketua LPM ini tentang Dana Operasional LPM yang dua tahun ini sudah tidak mereka terima, sementara beban kerja mereka melebihi dari jabatan sebagai Ketua RT maupun RW yang diakomodir Dana Operasionalnya oleh Pemerintah.

Erizal sebagai moderator menyarankan kepada masing masing Ketua LPM untuk melakukan pendataan terkait persoalan yang terjadi dan merangkuk setiap persoalan yang terjadi serta membuat semacam usulan yang nantinya akan diakomodir melalui program pemerintah baik di tingkat kota, propinsi maupun pusat.

Hadir juga dalam kegiatan tersebut Murikhwan sebagai Sekretaris DPC LPM yang juga Anggota DPRD Kota Padang.

Murikhwan juga menyampaikan bahwa dia selaku Anggota DPRD akan membantu menyampaikan kepada Anggota DPRD lainnya dari Dapil 3 untuk membantu setiap usulan dari Kelurahan di Kecamatan Lubuak Bagaluang melalui Dana Pokir Dewan. Semoga dengan terjalinnya keharmonisan ini, akan terbangunnya sebuah negeri yang "Rancak". (Tim)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top