Foto bersama Camat Lubuk Bagaluang Wilman Muchtar, Ketua Forkuswanda Sumbar, Asril Hasan, Wakil Ketua Bidang Relawan PMR/Relawan PMI Kota Padang, Ramli Parna, KUA Kecamatan Lubuk Bagaluang serta Staf dilingkungan Kecamatan Lubuk Bagaluang

Padang
- Bakti Sosial kembali dilakukan oleh Kecamatan Lubuk Bagaluang Nan XX dengan menggelar Donor Darah bertemakan "Setitik Darah, menyelamatkan Kehidupan Manusia", Selasa (6-4-2021), bertempat di Aula Balai Basuo Penggambiran.

Aksi Donor Darah yang diprakarsai Forum Komunikasi Sehat Dermawan Darah (Forkuswanda) Sumbar bersama Pemerintahan Lubuk Bagalauang dibuka langsung oleh Camat Wilman Muchtar.

Camat Wilman Muchtar usai pembukaan mengatakan, giat Donor Darah ini diprakarsai Forkuswanda dengan pemerintahan Kecamatan Lubuk Bagaluang dan secara teknis PMI Kota Padang.

"Untuk kegiatan Donor Darah ini, dimana sebelumnya kita menargetkan diatas 200 kantong darah. Namun karena beberapa persyaratan mesti kita penuhi, hal itu tidak terlaksana sesuai harapan," ucap Wilman.

Disebut Camat, kita ASN dilingkungan Kecamatan Lubuk Bagaluang baru melaksanakan vaksinasi. Sesuai aturannya, ternyata, kita baru tahu, usai vaksinasi minimal setelah 14 hari baru bisa diambil pengambilan darah untuk donor darah.

"Jadi memang tidak sesuai harapan. Namun setidaknya ini cikal bakal kegiatan yang kita lakukan secara kontiniu pertiga bulan," pungkas Wilman Muchtar.

Penyematan Pin dari PMI kepada Camat Lubuk Bagaluang Wilman Muchtar

Sementara, Ketua Forum Komunikasi Sehat Dermawan Darah (Forkuswanda) Sumbar, Drs, Asril Hasan, mengucapkann terima kasih kepada bapak Camat Wilman Muchtar yang telah memfasilitasi kegiatan Donor Darah dikecamatan Lubuk Bagalaung. Dan kegiatan Donor Darah ini perdana di kecamatan. 

"Saat ini persedian darah di PMI Kota Padang sangat kurang, maka kita door to door ke instansi pemerintah. Tahun 2021, ini perdana dari kecamatan mengadakan aksi donor darah. Alhamdulillah, berkat kerjasama juga  dengan unsur PMI, ini terlaksana dengan baik," pungkasnya.

Kesempatan itu, Wakil Bidang Relawan PMR/Relawan PMI Kota Padang sekaligus penasehat Forkuswanda, Ramli Parna mengatakan, aksi perdana Donor Darah dikecamatan Lubuk Bagaluang ini semoga nantinya dapat diikuti pula oleh 10 kecamatan lainnya dikota Padang.

"Memang bapak camat Wilman menargetkan 250 kantong darah. Tapi terkendala kondisi pandemi target tidak tercapai. Namun begitu kita bersyukur, masyarakat masih antusias untuk melakukan Donor Darah ini," ungkapnya.

Ditambahnya, PMI Kota Padang sangat mensuport dan memotivasi masyarakat, meski dimasa pandemi mereka ikut melakukan donor darah

"Di PMI saat ini, kebutuhan darah lebih kurang 4000 kantong darah setiap bulannya. Itulah yang kita usahakan. Tapi karena situasi sekarang tidak bisa dipaksakan," pungkas Ramli. (Arman)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top