Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumbar, Suwirpen Suib dalam kegiatan Reses


Padang - Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat, H. Suwirpen Suib terima keluhan masyarakat perihal harga sembako yang semakin mahal. Hal itu terungkap dalam kegiatan reses rehat masa sidang, yang digelar di Gedung Serba Guna Belimbing Kuranji, pada Selasa 28 Juni 2022.

"Mahalnya bahan pokok hingga susahnya masyarakat menghadapi sistem zonasi untuk mendaftarkan anak sekolah, menjadi persoalan yang ditampung," ucap Suwirpen Suib usai reses.

Ia menyebut, mayoritas masyarakat Kuranji, mengeluhkan tingginya harga bahan pokok, hal itu diperburuk dengan kondisi ekonomi yang cenderung turun. Sebagai unsur pemerintah provinsi, pihaknya akan mengupayakan adanya pasar murah untuk mengurangi keluhan masyarakat tersebut.

"Karenakan harga bahan pokok naik, UMKM yang ada di Kecamatan Kuranji juga terdampak, akibatnya banyak dari kalangan itu gulung tikar karena merugi. Kondisi ini, harus dicarikan solusinya oleh pemerintah," ujar Suwirpen.

Disisi lain, tambahnya, pihaknya juga menampung aspirasi terkait PPDB online, terkait jalur zonasi. Masyarakat banyak kesulitan untuk mendaftarkan anak ke sekolah negeri selain daya tampung yang terbatas dan persoalan jarak dari rumah ke sekolah.

"Ujung-ujungnya banyak anak kuranji nanti bersekolah di swasta," katanya.

Dia menjelaskan, menampung aspirasi masyarakat, merupakan salah satu tugas dan tanggungjawab anggota legislatif selain tiga tugas pokok dan fungsi (tupoksi), penganggaran, legislasi dan pengawasan.

Semua itu saling berkaitan karena untuk memasukkan pokok-pokok pikiran DPRD ke dalam rencana pembangunan harus melewati proses penganggaran.

Sebelumnya, Suwirpen juga melakukan beberapa angenda reses di beberapa kelurahan, aspirasipun beragam ada yang meminta perbaikan infrastruktur hingga mempermudah pelayanan pencatatan sipil, untuk semua aspirasi yang terjaring akan menjadi catatan dan akan diperjuangkan pada rapat anggaran bersama pemerintah provinsi.

Kesempatan itu Lurah Kuranji, Kasma Efendi mengucakan terimakasih atas penjemputan aspirasi yang dilakukan oleh Wakil Ketua DPRD Sumbar Suwirpen Suib, apa yang ditampung merupakan upaya untuk memajukan daerah.

"Kami berharap, bantuan-bantuan untuk masyarakat ini agar bisa direalisasikan lebih banyak," pungkasnya. (Arman)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top