Ketua IPSI Kota Padang, Zulhardi Z Latif saat memberikan kata sambutan di kejuaraan pencak silat usia dini dan para remaja


Padang - Ketua Umum IPSI Kota Padang, Zulhardi Z Latif apresiasi kejuaraan pencak silat tingkat usia dini dan pra remaja se-Kota Padang, yang dilaksanakan oleh IPSI ranting Kecamatan Padang Selatan, dari tanggal 30 Juni hingga 3 Juli 2022.

Kejuaraan pencak silat dibuka secara resmi Ketua IPSI Kota Padang bertempat di Gedung Beladiri GOR H. Agus Salim Padang, pada Kamis 30 Juni 2022.

Zulhardi Z Latif sambutannya mengucapkan terimakasih banyak kepada Dinas Pemuda dan Olahraga dan Wakil Ketua DPRD Kota Padang Ilham Maulana yang juga Ketua IPSI Kecamatan Padang Selatan, yang telah meletakkan pokirnya di Dispora Kota Padang.

"Sehingga bisa terlaksana kejuaraan pencak silat usia dini dan Pra Remaja ini. Kita juga sangat mengapresiasi kejuaraan yang di gagas oleh oleh IPSI ranting Kecamatan Padang Selatan ini," ucapnya.

Kejuaran pencak silat diikuti oleh sebanyak 145 orang dengan rincian, 61 orang tingkat SD dan 84 orang tingkat SMP dengan aparat pertandingan sebanyak 25 orang.

"Ini jujur kita sampaikan, sangat jarang atau boleh dikatakan belum ada kita melaksanakan kegiatan seperti ini. Tapi, Alhamdulillah hari ini kita bisa melaksanakannya," ungkap Zulhardi.

Disebutnya, sekarang baru tingkat Kota Padang. Untuk tahun besok, mudah-mudahan tingkat Provinsi Sumatera Barat. 

Pencak silat IPSI Kota Padang memang cukup luas biasa. Buktinya di PON kemarin. 90 orang lebih atlet yang di lepas oleh Wali Kota Padang ke Papua, hanya satu medali emas. Satu itu didapatkan dari pencak silat yang berasal dari IPSI Kota Padang dan satu lagi juga medali perunggu yang juga didapatkan oleh atlet Pencak Silat IPSI Kota Padang," terang Zulhardi. 

Seterusnya Zulhardi juga mengatakan kepada Wakil DPRD Kota Padang bahwa kemarin IPSI Kota Padang berhasil keluar sebagai juara umum dalam ajang Kejurda di Kabupaten Solok Selatan yang dilaksanakan oleh IPSI Sumbar.

"Alhamdulillah atlit pencak silat Kota Padang juara umum 1 dengan mengemas 13 medali dari 14 medali yang diperebutkan pada Kejurda Pencak Silat se-Sumbar di Solok Selatan," ungkapnya.

Untuk itu Zulhardi juga mengucapkan terimakasih banyak kepada Dinas pemuda dan Olahraga yang sudah mengirimkan utusan Pencak Silat IPSI Kota Padang kemarin ke Kabupaten Solok Selatan.

Lebih lanjut Zulhardi juga menyampaikan bahwa  atlet yang bertanding hari ini adalah cikal bakal atlet -atlet IPSI Kota Padang kedepannya. Karena sesudah ini, atlet -atlet Ini akan melompat ke kelas remaja dan dewasa dan Ini tentunya sangat perlu sekali dikakukan pembinaan.

Karena itu Zulhardi berharap kepada atlet yang bertanding antar kecamatan se-Kota Padang agar menjunjung tinggi semangat sportifitas dan menjaga rasa kebersamaan dan agar termotivasi terus dan giat dalam melakukan latihan.

Salain itu Zulhardi juga berharap kepada wasit juri yang memimpin pertandingan agar dapat memimpin pertandingan dengan seadil-adilnya dan dapat memberikan nilai yang layak, sebagaimana peraturan yang ada.

"Mohon juga kepada aparat pertandingan kita nanti agar lebih fair atau adil. Mohon tibo di mato indak dipiciangkan, tibo di paruik indak dikampiahkan. Jadi betul-betul kita nilai atlet kita ini dengan murni hendaknya," ungkapnya.

Terakhir Zulhardi juga berharap kepada anggota DPRD selain Wakil Ketua DPRD Kota Padang Ilham Maulana untuk bisa melakukan kegiatan yang sama dan berfikir untuk membesarkan pencak silat. Karena pencak silat adalah salah satu warisan budaya Minangkabau. (Dori)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top