Ekspos Sumbar (Pasbar) - Bupati Pasaman Barat (Pasbar) H. Syahiran membuka grand final pemilihan duta Generasi Berencana (Genre) tahun 2019 yang bertempat di Balerong Tuah Basamo. Senin (25/2) malam. 

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Pasaman Barat  H. Yulianto, Bunda Generasi Berencana (Genre) sekaligus Ketua TP-PKK Pasbar Hj. Yunisra Syahiran, Ketua GOW Pasbar Sifrowati Yulianto, Forkopimda Pasbar, para Kepala OPD, Kepala BNNK Kab.Pasaman Barat, Camat Se- Pasaman Barat dan para orang tua peserta serta ratusan pendukung peserta masing-masing finalis. 

Dalam sambutannya Bupati Pasbar H. Syahiran mengatakan sesuai dengan UU Nomor 52 Tahun 2009 tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga.

UU itu menyebutkan peningkatan kualitas remaja dengan pemberian akses informasi, pendidikan, konseling dan pelayanan tentang kehidupan berkeluarga oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berncana Nasiaonal (BKKBN) mengembangkan Program Generasi  Berencana (Genre) bagi remaja dan keluarga yang memiliki remaja yang sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya. 

"Duta Genre diadakan untuk memecahkan permasalahan remaja dalam kondisi ini tentu saja membutuhkan penaganan serta informasi seluas-luasnya megenai kesehatan reproduksi, pentingnya menata masa depan degan baik degan meninggalkan prilaku yang tidak bermanfaat dan merusak masa depan," ujar Syahiran. 

Bupati Syahiran juga berharap degan diangkatnya Duta Genre ini bisa memecahkan permasalahan remaja khususnya di Pasaman Barat (Pasbar) ini seperti perkawinan di usia dini, narkoba seks meyimpang (LGBT).

Di akhir sambutannya Bupati Syahiran meminta kepada peserta duta genre jadilah remaja yang bermanfaat, berkompenten, berkerakter dan berguna bagi orang tua nusa dan bangsa serta menjadi pedoman bagi remaja lainnya.

Kepala Dinas DPPKBP3A dr. Anna Rahmadia sebagai Ketua pelaksana kegiatan menyampaikan tujuan diadakannya kegiatan ini menyiapkan generasi muda pelopor yg menpunyai wawasan masa depan yang baik dan terencana bagi dirinya dan generasi sebayanya. 

"Diharapkan para Duta Genre dapat memahami Triad KRR ( Kesehatan Reproduksi Remaja ) yaitu Seksualitas, NAPZA dan Perkawinan di usia dini )," pintanya.

Selain  itu dalam rangkaian kegiatan Ajang pemilihan Duta Genre dilaksanakan juga pemberian materi oleh BNNK Kab.Pasbar mengenai P4GN dan Kasatlantas Polres mengenai Konstitusi Millenial Safety Road menuju Zero Accident. (Ron)
 
Top