Ekspos Sumbar (Payakumbuh) - Sebanyak 14 Kelas nomor pacuan kuda akan diperlombakan dalam ivent Pacu Kuda Payakumbuh 2019 yang akan dihelat tanggal 24 - 25 Februari 2019.

Nomor-nomor lomba tersebut adalah:
1. Kelas sagalo berpelana 600 m.
2. Kelas draff boggie baru 2.400 m
3. Kelas draff boggie usang 3.200 m.
4. Kelas Perdana CD 600 m heat 1
5. Kelas Perdana CD 600 m heat 2
6. Kelas Perdana AB 800 m
7. Kelas CD 2 th 1.000 m div 2
8. Kelas CD 2 th 1.000 m div 1
9. Kelas AB 2th 1.200 m div 2
10. Kelas AB 2 th 1.200m div 1
11. Kelas E 1.000 m
12. Kelas CD 1.200 m
13. Kelas AB terbuka 1.200 m
14. Kelas boko 1.600 m

“Pacuan ini disamping memperebutkan tropy juga tabanas dan piagam dari panitia penyelenggara. Sampai saat ini seminggu sebelum ivent digelar panitia semakin sibuk menggenjot persiapan dari sisi dana penyelenggaraan, administrasi perizinan, undangan, tiket, koordinasi dengan Pengurus Pordasi Sumbar, Pihak Keamanan Polresta Payakumbuh dan Kodim 0306/50 Kota, pembersihan dan penataan lintasan dan lapangan, pengecatan tribun dan melengkapi sarana lapangan seperti box star,” terang Aswid Adnan, Jumat (15/2) siang.

“Penimbangan kuda dan “Barrier drawwing” yang akan dilaksanakan hari Minggu pagi tanggal 17 Februari 2019 oleh team steward Pordasi Sumbar di lapangan Kubu Gadang terhadap 80-100 ekor kuda yang akan berpacu selama dua hari tanggal 24-25 Februari 2019,” tukuk Aswid Adnan dan Ir. Aguspen Adnan.

Para perantau sudah banyak yang berkomunikasi dengan panitia yang menyatakan berencana pulang kampung.”Kami akan pulang dari Batam bersama Uje untuk bisa menikmati secara lansung bagaimana hangatnya suasana pacuan ditribun undangan VVIP sambil membawa keluarga dan ketemu sahabat dikampung,” kata Ir. Yosefrizal perantau Payakumbuh di Batam.

Panitia tentu cukup jeli membaca peluang ini untuk memperoleh dukungan dana penyelenggaraan dari para perantau yang jadi Donatur disamping donatur lokal termasuk para pengusaha yang ada di Payakumbuh. Target kebutuhan dana penyelenggaraan dan hadiah yang mencapai Rp. 345.000.000 optimis akan di raih untuk suksesnya acara alek anak nagari Payakumbuh ini kata Wakil ketua panitia bidang dana H. Nofyan Yunas, SE yang di amini oleh Koordinator Dana H. Dasril, S.Pd, M.Pd Dt. Sati Nan Pandak.

Dari segi persiapan lapangan Arif Malano terus mengebut penataan lintasan dengan menambah pasir yang bekerjasama dengan dukungan tim dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Payakumbuh dan peralatan dari Denzipur Padang Mengatas.

Wakil Ketua bidang Teknis Mustapa yang juga salah seorang tokoh masyarakat Koto Nan Gadang optimis pacuan tahun 2019 ini akan berjalan lebih meriah dan tidak rugi dari sisi pembiayaan karena panitia telah belajar dari pengalaman peyelenggaraan tahun 2018 yang lalu.

Wakil Walikota Payakumbuh H. Erwin Yunaz, SE, MM yang rajin menyambangi Sekretriat Pordasi guna memastikan panitia bekerja all out untuk sukesnya iven ini.

“Pedomani semua administrasi dan kegiatan panitia yang sukses tahun sebelumnya” demikian arahan beliau kepada panitia melalui sekretaris panitia Ir. H. Wal Asri Dt. Pangulu Nan Sati.

Disisi lain Ketua umum penyelenggara Walikota Payakumbuh H. Riza Falevi, ST, MT Dt. Ka Ampek Suku mendorong agar kualitas dan kemeriahan pacu kuda tahun 2019 ini menjadi penyegar dan hiburan masyarakat di tengah menghangatnya suhu politik dua bulan menjelang Pilpres dan Pileg 17 April 2019 nanti.

Panitia senior Aswid Adnan didampingi Ir. Aguspen menjelaskan sore kemaren di sekretariat Pordasi Kubu Gadang ada banyak kuda-kuda tersohor akan berpartisipasi dalam ivent di Payakumbuh ini antara lain : Kamang Chrome (Bukittinggi), Stoner (Payakumbuh), Yara flash (Riau), Parona (Sumut), Winx (Payakumbuh), Pioneer Srigunting (Padang Panjang), Banteng Agam (Bukittinggi), Dewi Gunung Telaga (Solok), Baday (Batusangkar), Cahaya Dupont (Payakumbuh), Gadis Impian (Payakumbuh), Queen Thomas (Padang) dan banyak lagi kuda-kuda cepat yang sedang dalam proses registrasi ke panitia.(H. Dasril, S.Pd, M.Pd Koordinator Dana ). (Her)
 
Top