Fadly Amran saat menjabat Walikota Padang Panjang


Opini : oleh Arman Chaniago

Di 2023 lalu, santer terdengar spekulasi sosok Fadly Amran di Sumatera Barat, khususnya di Kota Padang, tempat penulis berdomisili. 

Kala itu Fadly Amran yang mesih menjabat Walikota Padang Panjang digadang-gadang akan maju pada pertarungan calon Gubernur Sumatera Barat.

Fadly Amran dinyatakan layak sebagai calon Gubernur, atau setidaknya sebagai wakil Mahyeldi Ansharullah yang saat ini sebagai Gubernur Sumbar. Tapi ada sebagian kalangan menafsihkan hal tersebut. Malah menjagokan Fadly Amran maju di Pemilihan Walikota (Pilwako) Kota Padang.

Kansnya sangat bagus untuk Fadly Amran memenangkan pertarungan di Pilwako Padang yang digelar di 2024 ini. Ketimbang maju sebagai calon Gubernur melawan Mahyeldi Ansharullah yang masih dinilai kandidat terkuat di Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2024 ini.

Malahan jika Fadly sebagai wakil Mahyeldi Ansharulah, itupun dinilai terlalu dini, karena Fadly Amran masih dikatakan sosok politik muda yang perjalanan politiknya masih panjang dan kalau diberi umur panjang, Fadly Amran sangat layak maju di Pilgub 2029 nanti.

Nah dari berbagai informasi maupun tolak ukur perpolitikan di Kota Padang. Penulis lebih yakin kala itu, Fadly Amran akan maju pada kontestasi pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Padang di 2024.

Penulis menilai, besarnya peluang Fadly Amran maju di Pilwako Padang melihat rentetan perjalanan Fadly Amran jelang Pemilu 2024 ini. Bak ibarat setingan, Fadly Amran selalu hadir di 11 kecamatan di Kota Padang dalam rangka peresmian dan pengukuhan pengurus pengurus DPC Partai Nasdem.

Penilai itu rasanya sangat relevan atau dikatakan hampir tepat. Apalagi sipenulis saat berjumpa mantan Walikota Padang Panjang pada pelantikan PJ Walikota Padang Panjang 2023 lalu. Beliau ditanya, terkait rencana maju di Pilwako Padang.

Ucapan Fadly Amran kala itu, meski sederhana bahasa. Tapi ada makna yamg terkandung. "Kita Lihat lah Dulu, Berapa Kursi Nasdem di Kota Padang usai Pileg (pemilihan legislatif) nanti," ucapnya.

Bagi penulisi, kata itu punya makna. Dimana saat ini dirasakan penulis, pada Pileg 2024 tgl 14 Februari yang lalu. Nasdem menjadi kompetor partai partai terkuat di Kota Padang. Hanya 3 partai memiliki 7 kursi di DPRD Kota Padang, itu termasuk partai Nasdem.

Untuk kategori sukses, partai Nasdem terbilang sukses 180 derajat. Bagi penulis mengagumkan untuk DPD Nasdem Kota Padang, bayangkan saja, hanya 1 kursi DPRD Kota Padang di periode 2019 - 2024 lalu. Pada Pemilu 2024 ini partai Nasdem dapat menambah 6 kursi di DPRD Kota Padang.

Nah dari situpun, penulis mencemati. Langkah besar bagi Fadly Amran maju di Kota Padang sebagai Walikota. Sebab, peluang tidak selalu datang 2 kali.

Selain memiliki peluang menjadi Walikota Padang. Fadly Amran yang notabanenya Ketua DPW Partai Nasdem Sumbar, juga memiliki pimpinan di legislatif. Tentu itu akan menjadi dukungan bagi program program Fadly Amran ketika menjabat Walikota Padang.

Pengalaman 5 tahun menjadi Walikota Padang Panjang sangat berharga untuk masyarakat Kota Padang bila Fadly Amran menjadi Walikota di Ibukota Provinsi Sumatera Barat.

Lalu Akan Sejauh Mana Sumbangsi Fadly Amran Ketika Dipercaya Masyarakat Kota Padang Menjadi Walikota. Tentu Taglen Perubahan Benar benar Menjadi Nyata Bagi Warga Ibukota Ini".

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top