Saat Musrenbang Kecamatan Padang Timur

Padang - Sejumlah usulan upaya, program dan pembangunan mengemuka dalam kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tingkat Kecamatan Padang Timur tahun 2021, Kamis (27/2) di Hotel Kyriad Bumi Minang.

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi Walikota Padang diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Hermen Peri. Turut hadir Anggota DPRD Sumatera Barat Gustami Hidayat, Anggota DPRD Padang Muhidi dan Helmi Moesim serta sejumlah pimpinan OPD terkait, unsur Forkopimka, lurah dan seluruh elemen dan pemangku kepentingan di Kecamatan Padang Timur. 

Dalam sambutannya, Camat Padang Timur Ances Kurniawan mengatakan, adapun skala prioritas pembangunan di Kecamatan Padang Timur masih berkutat pada upaya pembangunan gedung baru Kantor Camat Padang Timur. Yang lokasinya berada di tanah Pemko Padang Jalan Tan Malaka atau dekat SDN 01 Sawahan.

"Kita sangat berharap, semoga usulan yang diusulkan seluruh elemen masyarakat ini dapat terwujud di tahun 2021 nanti. Insya Allah semoga dapat direalisasikan tahun depan," pintanya.

Ances melanjutkan, usulan prioritas yang tak kalah penting lainnya adalah pembangunan sebuah Puskesmas baru. Jadi, minimal diharapkan ada penambahan satu Puskesmas lagi, karena saat ini kita hanya punya satu Puskesmas yaitu Puskesmas Andalas.

"Kita sama-sama tahu bahwa sesuai aturan dari Permenkes untuk per satu Puskesmas itu hanya bisa menampung dan melayani masyarakat sekitar 30 ribu orang. Sedangkan jumlah penduduk kita di Kecamatan Padang Timur ini 67 ribu jiwa," katanya.

Lebih lanjut ia menambahkan, selain itu usulan selanjutnya yaitu masih didominasi usulan pembangunan fisik. Terutama sekali perbaikan drainase dan riol mengingat kawasan Padang Timur juga rawan terhadap banjir.

"Jika terjadi hujan dengan intensitas tinggi lebih dari dua jam maka sudah dipastikan wilayah Padang Timur ini hampir rata seluruhnya terkena banjir," ungkapnya.

Dikata penutupnya, Ances juga menerangkan adanya usulan masyarakat yang menjadi prioritas selanjutnya adalah betonisasi jalan lingkungan, pemberdayaan masyarakat seperti pelatihan keterampilan dan tanggap bencana dan beberapa sekolah di lingkup Kecamatan Padang Timur yang juga mengharapkan pembangunan kelas baru. 

Sementara itu Asisten Perekonomian dan Pembangunan Hermen Peri dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan Musrenbang RKPD tingkat kecamatan tahun ini merupakan pelaksanaan tahun kedua dari periode RPJMD 2019-2024.

"Musrenbang ini merupakan forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan di tingkat kecamatan untuk memberikan masukan sekaligus mengambil kesepakatan mengenai kegiatan pembangunan baik untuk wilayah kecamatan maupun untuk kegiatan perioritas yang akan diusulkan ke tingkat kota," ujarnya.

Hermen pun menekankan agar perencanaan pembangunan yang dirancang tidak hanya berupaya untuk menyelesaikan permasalahan pada saat ini. Namun juga mampu mengatisipasi permasalahan di masa datang. 

“Kita harus mampu melihat permasalahan ditengah masyarakat dari berbagai sisi dan aspek, seperti kondisi infrastruktur, fasilitas kesehatan, pendidikan, potensi ekonomi serta kondisi sosial masyarakat. Sehingga nantinya pembangunan yang dilaksanakan tepat sasaran," tutupnya.

Sementara Ketua DPC LPM Kecamatan Padang Timur, M. Yazid mengatakan, sangat bersyukur bila pembangunan kantor camat baru direalisasikan. Baginya melihat kantor camat sekarang sangat tidak presentatif lagi oleh pemerintah terhadap pelayanan di masyarakat.

"Dan program-program pelatihan sendiri, Kecamatan Padang Timur memang agak kurang. Untuk itu kita harapkan pelatihan-pelatihan UMKM ini mestinya diperbanyak. Sehingga ekonimi kreatif di masyarakat akan lebih maju," pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan penandatangan kesepakatan bersama yang dilakukan oleh seluruh pemangku kepentingan di Kecamatan Padang Timur sebagai bentuk komitmen menolak terjadinya bentuk permasalahan penyakit masyarakat (pekat) dan hal yang tidak diinginkan di lingkup Kecamatan Padang Timur.

Selain itu juga dilakukan penyerahan piagam penghargaan bagi beberapa kelurahan terbaik penyelenggara Rapat Koordinasi Kelurahan (Rakorbang) tahun 2021. (Arman/Vid)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top