Wawako Ekos Albar saat peresmian Aksi Cegah Stunting


Padang- Wakil Wali Kota Padang Ekos Albar meresmikan kegiatan aksi cegah stunting. Kegiatan tersebut berlangsung di Gedung Youth Centre yang diselenggarakan Puskesmas Andalas sebagai bentuk upaya dalam penurunan angka stunting, Rabu, (31/5/2023).

Ekos Albar mengatakan stunting menjadi fokus bersama dan dibutuhkan kerja keras untuk menurunkan stunting di Padang. Termasuk perlunya peran bersama dengan stakeholder terkait.

"Kepada ibu-ibu agar berkonsultasi kepada puskesmas untuk memeriksa anaknya. Penurunan angka stunting perlu kerja sama dalam hal ini," ungkapnya.

Lebih lanjut Wawako juga menyebutkan permasalahan stunting tidak hanya diselesaikan sendiri namun butuh kolaborasi bersama.

"Semoga kegiatan ini berkesinambungan dan inovasi yang dibuat dalam upaya penurunan angka stunting dapat membuahkan hasil," tutup Ekos.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Andalas Weni Fitria Nuzulis mengatakan tujuan dari kegiatan ini sebagai upaya penurunan angka stunting yang ada di wilayah kerja Puskesmas Andalas.

"Kita targetkan kepada ibu yang sedang hamil dengan risiko tinggi yang nantinya dikhawatirkan akan melahirkan anak yang stunting," jelasnya.

Tak hanya itu, dikatakan Weni kegiatan ini juga ditujukan kepada balita yang sudah dua bulan namun tidak mengalami kenaikan berat badan, yang nantinya dikhawatirkan akan mengalami stunting.

"Balita yang mengalami stunting nantinya juga akan dilakukan pemeriksaan khusus, pada kesempatan ini juga kita datangkan dokter obgyn dan dokter khusus anak," ucapnya.

Menurutnya, gerakan ini sebagai bentuk gebyar bahwa pemerintah Padang aware dengan permasalahan stunting. Selain itu juga sebagai bentuk bahwa pemerintah benar-benar konsen dan serius dalam mengatasi masalah ini.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Puskesmas Andalas jumlah anak yang stunting sebanyak 123 orang. Pada Desember 2022 hingga bulan April 2023 terjadi penurunan sebanyak 88 anak yang mengalami stunting.

"Tentunya ini semua berkat kerja keras dan usaha bersama, kendati demikian kami akan terus berupaya untuk menurunkan angka stunting," terangnya.

Selain itu, pada kegiatan tersebut Puskemas Andalas juga menyediakan layanan pemeriksaan ibu hamil, pemeriksaan anak stunting dan skrining usia produktif. (**)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top