Sijunjung - Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) UNP adalah unsur pelaksana akademik yang melaksanakan sebagian tugas pokok dan fungsi UNP di bidang Pengabdian Kepada Masyarakat, Senin 09 September 2019 mengadakan Koordinasi tim pengabdian kepada masyarakat Universitas Negeri Padang (UNP) tentang pelatihan fun games futsal & implementasi shuttle time bagi guru, pelatih dan pelaku olahraga dengan ikatan sarjana olahraga (ISORI) Kabupaten Sijunjung yang di fasilitasi oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung. 

Dalam sambutannya Kepala Dinas yang di wakili oleh Drs. Jaisul Wathon, MM menyambut baik dan mendukung penuh terhadap kegiatan LPM UNP, seperti menugaskan guru dan siswa yang akan mengikuti pelatihan, serta bentuk dukungan lainnya. Dukungan ini diberikan karena kegiatan ini memang akan memberikan dampak positif terhadap peningkatan sumber daya manusia guru dan siswa, yang merupakan tolok ukur tercapainya prestasi 

Atas Nama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung Drs. Jaisul Wathon, MM, juga memberikan apresiasi terhadap Ikatan Sarjana Olahraga (ISORI) Kabupaten Sijunjung atas hubungan dan komunikasi yang baik yang baik dengan pihak Kampus, sehingga Kabupaten Sijunjung mendapatkan program yang berkualitas ini. 

Dari pihak LPM UNP dalam kegiatan kordinasi ini terdiri dari Dr. Donie M.Pd (Ketua Tim Shuttle time) anggota Tim Irfan Arifianto S.Pd M.Pd anggota Anggota dan Dr. Roma Irawan MPd: Ketua Tim Fun Futsal dan Vega Soniawan MPd Anggota Fun Futsal. Pada pertemuan ini Tim LPM menyampai mata diklat yang nanti akan di berikan ketika kegiatan dilaksanakan, antara lain terkait shuttle time, Dr. Donie M.Pd menyampaikan sepintas tentang Shuttle time, adalah program pengembangan yang ditujukan bagi para guru olahraga level sekolah dasar di seluruh dunia berupa pelatihan mengajar bulutangkis untuk siswa. Pelatihan yang diberikan berupa keterampilan bermain bulutangkis, membuat perencanaan pelatihan bulutangkis bagi siswa, serta mengangkat citra positif dan pengalaman menyenangkan dalam bermain bulutangkis. 

Untuk materi Fun Futsal di paparkan secara singkat oleh Dr. Roma Irawan MPd, fun futsal merupakan salah satu cara untuk memulai pembinaan usia dini dalam rangka mencapai prestasi, terutama untuk mencari atlet yang potensial dan juga salah satu cara untuk meningkatkan motivasi atlet berlatih futsal dengan metode yang menyenangkan, supaya lahir hal-hal dasar dalam olahraga futsal.

ISORI Kabupaten Sijunjung yang bisa dikatakan pengagas dan pendorong melalui ikatan alumni (ILUNI) UNP agar terpilihnya Kabupaten Sijunjung mendapatkan program pemberdayaan dari LPM UNP tahun 2019. Ketua ISORI Riswanon, S. Pd, MM, Wakil Ketua 1 Hendra Ferry, S. Pd, Wakil Ketua 2 Drs, Miek Rayendra, bersama-sama dengan perwakilan beberapa pengurus dan seksi-seksi dalam rapat kordinasi ini, yang terdiri dari, Seksi Pendidikan Andi Satria, S. Pd, Seksi Humas dan Promosi Nasril, S. Pd, dan mantan Pemain bola legendaris UNP Herman, S.Pd, serta dari unsur Guru PJOK Sekolah Dasar Ari Yunanda,S.Pd. 

ISORI siap dan bersepakat untuk menjadikan kegiatan ini sebagai ajang promosi olahraga dan kampanye hidup sehat kepada masyarakat, mengingat pembinaan adalah tolak ukur gapai prestasi. Bahkan ISORI Kabupaten Sijunjung sudah mempersiapkan rencana tindak lanjut setelah kordinasi selesai agar Shuttle time dan fun futsal terselenggara dengan sukses. (Ari Yunanda)
 
Top