Padang - Komunitas Pemusik Jalanan (KPJ) Kota Padang membantu seorang rekannya yang menderita kanker otak. Bantuan tersebut dikumpulkan dari hasil “ngamen” selama tiga hari dari anggota komunitas yang kerap mangkal di kawasan Pondok Kota Padang itu

Kepala Dinas Sosial Kota Padang, Afriadi diminta oleh Ketua KPJ Kota Padang, Dudung Julian untuk menyerahkan bantuan itu kepada Adit di bilangan Purus, Senin (23/9).

Adit yang baru saja menjalani operasi kanker otak tinggal dirumah kontrakan sangat terharu menerima bantuan dari rekan-rekannya. Dia yang masih terlihat lemah, hanya duduk di atas kursi roda yang juga bantuan dari KPJ.

Tidak banyak yang terucap dari mulut Adit saat menerima bantuan tersebut. Hanya mata sayu Adit menunjukkan rasa terima kasih dengan penuh keharuan.

Sementara itu, Dudung Julian mengaku didorong keinginan yang tulus untuk berbagi. Sesuai dengan motto KPJ, hidup untuk saling berbagi.

“Kami bahagia bisa berbagi dengan saudara kami yang belum bisa beraktifitas karena baru saja menjalani operasi,” kata Dudung. Adit bagian dari KPJ ungkap Dudung lagi.

Pihaknya sengaja melibatkan Dinas Sosial Kota Padang dalam penyerahan bantuan agar masyarakat merasakan kehadiran pemerintah. Sekaligus menunjukkan kegiatan sosial itu bagi komunitas yang lain agar menumbuhkan rasa solidaritas.

“KPJ selalu bersinergi dengan pemerintah terutama dalam kegiatan sosial. Karena bagi KPJ, pemerintah dalam hal ini Dinas Sosial adalah pembina dan pelindung komunitas kami,” imbuhnya.

Kepala Dinas Sosial, Afriadi menyebut solidaritas KPJ adalah bentuk kepedulian yang memang harus ditumbuhkan.

“Ini bentuk solidaritas yang ditunjukkan komunitas pemusik jalanan terhadap sesamanya. Mereka peduli dengan penderitaan orang lain,” kata Afriadi.

Menurut Afriadi, pembinaan terhadap komunitas seperti KPJ akan terus dilakukan. Dalam hal ini menjadi kewajiban pemerintah memberikan perlindungan terhadap mereka.

“Kita akan terus membina komunitas-komunitas, apalagi yang memiliki kepedulian sosial seperti KPJ,” imbuhnya. (Zal)
 
Top