Ekspos Sumbar (Pasbar) - Puluhan ribu masyarakat atau jamaah Pasaman Barat (Pasbar) memadati halaman Kantor Bupati hingga ke jalan raya dalam rangka menghadiri Tabliqh Akbar Ustadz Abdul Somad (UAS), Senin (4/2) baa'da subuh. 

Tabliqh Akbar tersebut dihadiri oleh Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit, Wakil Ketua DPRD Sumbar Guspardi Gaus, Forkopimda Pasbar serta Organisasi Wanita Pasbar.

Pantauan Ekspos Sumbar di lapangan, jamaah yang hadir diprediksi datang dari seluruh penjuru Pasbar pada Senin dini hari bahkan ada dari Kabupaten Madina Sumut seperti daerah perbatasan Madina-Pasbar

Sebagian jamaah yang tinggal jauh seperti di Silaping, Desa Baru,Aia Bangis dan sebagainya, menginap di kantor bupati dan kantor pemerintahan lainnya serta beberapa sekolah di sekitar lokasi Tablik Akbar. 

Kendati Senin dini hari  sempat diguyur hujan deras, namun para jemaah tidak patah semangat untuk mendengarkan ceramah UAS. 

Pemkab Pasbar juga menyediakan 
sarapan pagi  untuk ouluhan ribu  jamaah yang hadir dengan menu sehat yakni ubi rebus, jagung rebus, kacang rebus dan minuman sehat lainnya. 

Bupati Pasbar Drs H  Syahiran dalam sambutannya mengatakan, kedatangan UAS ke Pasbar merupakan hasil dari sebuah perjuangan yang panjang. 

Persiapan kegiatan menyambut UAS yang dikelola secara bersama oleh Pemda Pasbar dan Polres Pasbar serta seluruh jajaran Forkopimda tersebut terbayar dengan membludaknya jamaah yang rela berkorban datang dari seluruh penjuru Pasbar menghadiri Tabliqh Akbar UAS.

"Untuk itu, saya berharap kepada para jemaah yang hadir agar memberikan kesan yang baik kepada UAS. Memberikan kenyamanan dan ketertiban selama Tabligh Akbar berlangsung," papar Syahiran.

Dalam Tabliqh Akbar tersebut kantor pelayanan di Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman Barat sementara ditutup hingga acara Tabliqh Akbar UAS selesai. 

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit menyampaikan bahwa kegiatan Tabliqh Akbar UAS di Pasbar memang merupakan sesuatu yang ditunggu oleh para jemaah. Apalagi, di tahun politik ini masyarakat membutuhkan penyegaran dikala banyaknya paradigma tentang politik.

"UAS merupakan ustadz yang dakwah nya sudah internasional, sehingga jadwal beliau ke daerah di Sumbar cukup sulit. Dengan kedatangan UAS inilah masyarakat bisa mendapatkan siraman rohani di tahun politik sehingga diharapkan jangan sampai teprjadi perpecahan diantara kita," tegas mantan Bupati Pesel Nasrul Abit itu.  

UAS dalam tausyiahnya menyampaikan akan pentingnya sedeqah dalam kehidupan kita, bagaimana sedeqah dapat mengobati berbagai macam penyakit. 

Selain itu UAS juga mengingatkan akan pentingnya menjaga keturunan kita agar lebih memahami agama Islam dengan cara memperhatikan pendidikan mereka seperti menyekolahkannya ke Ponpes, dan pendidikan formmal lainnya yang dibarengi dengan ilmu agama. (Ron)
 
Top