Ketua Masjid Al-Hijrah Blok A Delima IX Perumnas Belimbing-Kuranji, M.Fikar Datuk Rajo Magek akan melakukan pemotongan sapi Qurban

Padang - Penyembelihan hewan Qurban Idul Adha 1441 Hijriah / 2020 Masehi di Masjid Al-Hijrah blok A Delima IX Perumnas Belimbing-Kuranji, pada Sabtu (1/8) berjalan lancar dan sukses. Protokol kesehatan Covid-19 pun tetap dijalankan.

Ditambah antusias warga pemuda dan bersama Ibu-ibu setempat. Memiliki peran masing-masing dalam kegiatan Qurban ini. Makan bersama pun diadakan dan dikoordinir Ibu-ibu di Delima Belimbing dengan masak bersama saat penyembelihan sapi Qurban. 

Diketahui, Sapi yang disembelih sebanyak 13 ekor dengan peserta ikut melaksanakan Qurban di Masjid Al-Hijrah pada tahun 2020 kali ini sebanyak 91/13 kelompok. 

Ketua Panitia Qurban Masjid Al-Hijrah, Agus Salim, S Sos menyebutkan, Alhamdulillah pelaksanaan Qurban Idul Adha 1441H/ Tahun 2020 M saat ini berjalan lancar, aman dan sukses. Dan tetap manjalankan protokol kesehatan Covid-19.

Prosesi pemotongan daging Qurban

"Kita juga mengucapkan terima kasih atas kerja sama dari pengurus Masjid Al-Hijrah Blok A Delima Perumnas Belimbing-Kuranji terutama kepada Ketua Masjid, yaitu bapak M.Fikar Datuk Rajo Magek," ujarnya.

Diterangkan Agus Salim, banyak kupon Qurban ada 690 buah, itu semua dibagikan untuk umum termasuk panitia perserta dan pekerja ditambah 91 untuk kupon untuk peserta Qurban.

"Kali ini panitia pelaksana Qurban di Masjid Al-Hijrah sebanyak 34 orang panitia. Kita juga bersyukur ada peserta dari luar Perumnas Belimbing. Itu tandanya masjid kita juga diperhatikan orang luar," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Masjid Al-Hijrah M. Fikar Dt. Rajo Magek, S. Ag, MM. M. Pd mengatakan, disaat Pandemi Covid-19, ekonomi warga masyarakat Kota Padang terjadi penurunan, ini ditandai dengan menurunnya jumlah sapi Qurban di Masjid Al- Hijrah. 

"Untuk Qurban saat ini, dibandingkan tahun yang lalu penurunannya tidak terlalu signifikan. Ini menandakan masyarakat warga Delima Blok A Belimbing tetap semangat berQurban, walau ditengah pandemi Covid-19," ungkapnya.

M. Fikar Datuak Rajo Magek perlihatkan daging Quban

"Alhamdulillah, tahun ini qurban sebanyak 13 sapi. Dibandingkan tahun sebelumnya 16 sapi. Artinya, hanya kurang 3 sapi saja," tambah M. Fikar

Tak lupa, Datuk Rajo Magek menyebutkan atas nama pengurus Masjid Al- Hijrah mengucapkan terimakasih kepada warga yang sudah bersedia berQurban. Juga kepada seluruh panitia yang sudah satu minggu ini berjibaku tanpa kenal lelah dalam berbuat.

M. Fikar Dt. Rajo Magek berharap kepada Panitia kurban Mesjid Al- Hijrah untuk mendistribusikan daging Qurban kemasyarakat langsung diantarkan khusus bagi masyarakat miskin dan tidak mendapatkan kupon.

"Yakinkan bahwasanya masyarakat sudah didata dan punya kupon kurban," tegasnya.

Pendistribuasian daging Qurban di Masjid Al-Hijrah blok A Delima IX Perumnas Belimbing-Kuranji

Terakhir disebut M. Fikar, selama prosesi ibadah Idul Adha, baik pelaksanaan Shalat Ied sampai pembagian daging Qurban, baik pengurus maupun panitia dan warga memakai masker. 

Kemudian, disediakan sabun serta air cuci tangan. Selanjutnya, juga di bagi ruangan khusus untuk mengguliti daging qurban dan rungan untuk pembagian dagingnya.

" Tujuanya supaya tidak terjadi keramaian di sekitar Mesjid ataupun juga penumpukan orang dalam jumlah banyak, supaya menghindari terjadinya cluster baru Covid-19," pungkas M. Fikar Datuk Rajo Magek. (Arman) 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top