Ekspos Sumbar (Pasbar) -  Festival Kopi salah satu agenda dalam rangka HUT Pasbar ke-15, yang diresmikan langsung oleh Wakil Bupati (Wabup) Pasbar H. Yulianto SH, MM di stand Pasbar Expo kantor Bupati Pasbar, Senin (7/1).

Wabup Yulianto mengatakan, festival kopi yang pertama kali diadakan di Pasbar, terselenggara atas kolaborasi antara Pemerintah Daerah Pasbar dengan Asosiasi Petani Kopi Pasaman Barat. 

"Festival kopi 2019 ini bertujuan untuk menghadirkan berbagai varian kopi dari seluruh wilayah kabupaten kota se Sumatera Barat yang di wakili oleh petani / perkebunan / pengusaha kopi dimasing-masing daerah," ujar Yulianto

Dijelakannya, saat ini Pasbar memiliki lahan perkebunan kopi robusta dan kopi arabika seluas lebih kurang 1.200 Ha dengan produksi mencapai 450 ton setahun dengan rata-rata produktivitas lebih kurang 800 kg/Ha. 

"Diharapkan petani dapat meningkatkan serta melakukan perluasan areal dimana tanah kita bagus dan berpotensi untuk di kembangkan lagi menjadi areal perkebunan kopi," tegas Yulianto

Lebih jauh dia menyebutkan, kopi-kopi yang di event kan ini ada yang berasal dari central kopi, solok selatan, tanah datar, sawahlunto maupun kopi lokal kita dari Talamau. 

Melalui event ini diharapkan bisa menjadi ajang mendapatkan informasi, mengembangkan gagasan dan mempromosikan produk kopi yang ada. Bisa dipasarkan ke seluruh penjuru dunia.

"Semoga di Sumatera Barat ini komoditi kopinya menjadi lebih baik mutu dan kualitasnya," harapnya

Kepada petani kopi yang mengikuti event ini sambungnya, dapat mengembangkan usahanya, diskusi, pelatihan dan meningkatkan pengetahuan juga dalam mempromosikan produksinya sampai keluar negeri. 

"Terimakasih kepada pihak penyelenggara acara dan semua pihak yang membantu suksesnya acara ini." cetusnya.

Festival ini dibanjiri pengunjung para pecinta kopi. Juga tampak hadir Pj Sekda Pasbar Andrinaldi, mantan Sekda Pasbar Yasri Uripsyah, Asisten Ekonomi Irwan, Kepala BKPSDM Yudesri, Kabag lingkungan Setda, para peserta event kopi serta kalangan insan pers Pasbar. (Ron)
 
Top