Anggota DPRD Prov.Sumbar Evi Yandri saat acara pelantikan pengurus DPD LPM Kota Padang

Padang - Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat, Evi Yandri Rajo Budiman berikan apresiasi atas pelantikan Ketua beserta pengurus DPD LPM Kota Padang. Ia mengungkapkan, Irwan Basir merupakan sosok yang dinilai mampu melakukan berbagai terobosan melalui Lembaga yang saat ini dipimpinnya. 

Menurut Evi Yandri, LPM berfungsi mengangkat citra wilayah karena itu merupakan Visi/Misi LPM. “Memang LPM adalah pengabdian, sebagai katalisator pengembangan masyarakat madani. Namun fungsinya yang paling strategis itu adalah merencanakan pembangunan yang partisipatif,” ujar Evi Yandri, Rabu (22/1) usai menghadiri acara pelantikan pengurus DPD LPM Kota Padang. 

Ia menambahkan, LPM bisa menggiring pembangunan berdasarkan kebutuhan masyarakat, sehingga fungsi battom up itu benar-benar bisa diberdayakan. Karena apa yang dibangun oleh pemerintah benar-benar berpijak kepada kebutuhan masyarakat. 

Selama ini prinsip-prinsip Good Local Govenance itu selalu kita elu-elukan, tapi pada saat implementasinya cenderung tidak jalan sama sekali. Salah satu prinsip Good Local Governance itu adalah partisipatif, nah, yang kita saksikan selama ini peran partisipatif itu nyaris tidak ada, kota ini cenderung dibangun hanya berdasarkan kebutuhan pihak-pihak yang berkepentingan,” kata Ketua Forum Komunikasi Anak Nagari (FKAN) Pauh IX ini. 

Wakil Ketua Komisi I ini yakin bahwa sosok Irwan Basir bisa mewujudkan fungsi-fungsi LPM di tengah warga Kota Padang.” LPM sebagai mitra kerja Pemerintahan, memiliki fungsi untuk menanam dan memupuk rasa persatuan dan kesatuan masyarakat kelurahan,” jelasnya. 

Disebutkan Evi Yandri LPM juga berfungsi sebagai wadah partisipasi masyarakat dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian pembangunan. Sebagai media komunikasi antara masyarakat dengan pemerintah. Memberdayakan dan menggerakkan potensi pemuda dalam pembangunan. 

“Apalagi, beliau pernah menjadi ketua KNPI Kota Padang, berpengalaman dalam berbagai organisasi, seorang pemangku adat, dan cukup disegani. Semoga Irwan Basir bisa membawa perubahan untuk Kota Padang melalui LPM,” pungkas Evi Yandri Rajo Budiman. (Indek)
 
Top