Muzni Zein

Padang - Adanya informasi dari masyarakat terkait persoalan hama wereng yang melanda persawahan di sebagian wilayah Kota Padang. Menjadi perhatian oleh Anggota DPRD Kota Padang Muzni Zein. Pada Jumat, (3/1) Muzni mengatakan, padi merupakan makan pokok bagi kita. Kurangnya produksi padi, ini akan berimbas terhadap harga beras dipasaran. 

"Kepada Dinas Pertanian Kota Padang, mereka harus segera turun kelapangan, mencek kondisi persawahan yang ada. Dan segera mencarikan solusi agar petani tidak mengalami kegagalan panen dan tidak berimbas kepada harga pasar," ujarnya. 

Muzni menyebut, kalau bisa Dinas ini mendata persawahan-persawahan yang dilanda hama wereng. Dan juga pemberian pupuk bersubsidi kepada para kelompok tani di Kota Padang. 

Meskipun sudah bekerja, harusnya Dinas Pertanian mesti meningkatkan kinerja, seperti melakukan pencekan kepada para petani, apa apa saja permasalahan di pertanian kita ini," tegasnya. 

Contohnya kekurangan pasokan pupuk bersubsidi, jelas Muzni, sebenarnya pasokan pupuk bersubsidi ini cukup, malahan berlebih, kita mewanti-wanti untuk itu, kemana pupuk itu perginya, jangan jangan ada permainan disini. 

"Itu perlu dicegah, jangan sampai para petani itu tidak dapat pupuk bersubsidi. Mereka kan ada kelompok-kelompok petani itu. Jadi sewaktu panen, disaat dia mau kesawah lagi, pupuk sudah tersedia, jadi jatah untuk kelompok tani itu harus cukup pupuknya," pintanya. 

Juga disebut Muzni, nanti kita akan tanya kelapangan, kalau misalnya petani benar-benar tidak dapat pupuk, itu merupakan kesalahan dari Dinas Pertanian. 

"Kalau petani tidak mendapat pupuk, itu imbasnya tidak kota padang saja, pemerintah pusat pun akan marah itu kepada kota padang, kenapa pupuk tidak ada," pungkasnya. 

Muzni Zein juga menghimbau Dinas Pangan Kota Padang, untuk mengatasi hal itu, harus melakukan operasi pasar. Jangan sampai masyarakat maupun dan juga petani tidak membeli beras dengan harga mahal. (Arman)
 
Top