Tokoh Kuranji, M. Fikar Dt, Amriman, Irwan Basir, Eka Putra

Padang - Musyawarah pemilihan Ketua Pengurus Badan Musyawarah Pembangunan Nagari (BMPN) Nagari Pauh IX Kuranji ditabuh hari ini. Kepengurusan BMPN Pauh IX ini sempat vakum beberapa periode pascadigawangi Damri. Bertempat di Kantor KAN Pauh IX, Sabtu (25/1).

"Sekarang lahirlah kemupakatan dari berbagai unsur anak Nagari Pauh IX melalui Baiyo Batido, untuk mengaktifkan kembali Organisai Masyarakat Nagari (Ormasnag) ini," ujar Indra Mairizal Ketua Panpel Musyawarah BMPN Nagari Pauh IX Kuranji Padang Sumatera Barat, Jum'at (24/1). 

Didampingi Sekretaris Panpel Martias Sarjani, Indra menambahkan, digelarnya Musyawarah BMPN ini tidak terlepas untuk meningkatkan pembangunan nagari melalui Ormasnag ini. 

Kemudian, untuk mensinergikan dengan peranan BMPN dengan Ormasnag yang telah eksis selama ini. Seperti, FKAN Pauh IX, Forum Mubaligh Nagari Pauh IX beserta Ormas lainnya, yakni, Karang Taruna, PK KNPI dan lain lain. 

Ditambahkan Indra, persiapan panitia untuk menghelat musyawarah BMPN ini sudah rampung dengan persentase 99 persen. Terutama, lokasi yang dijadikan tempat musyawarah di ruangan kantor KAN Pauh IX Kuranji sudah ready. Termasuk spanduk dan undangan sudah ke sembilan tapian (kelurahan). 

"Undangan meliputi unsur tokoh nagari, ninik mamak, unsur alim ulama, bundo Kanduang, LPM dan pemuda di setiap tapian. Saya mengharapkan kepada para undangan yang telah disirihi agar menghadiri Musyawarah BMPN Pauh IX ini demi kemajuan nagari kita," ujarnya.

Dikatakan Indra, sebab dari sebuah nagari, sudah besratunya unsur nan tuo jo nan tuo, kelak nagari itu akan elok6. Sesuai pepatah bijak rang Minang, elok nagari dek nan tuo, rami nagari dek nan mudo.

"Artinya, jika nan tuo dan ran tuo bergandengan tangan maka tak tebantahkan, Insha Allah nagari makin maju dan elok pada masa mendatang," tuturnya. 

Ditukuk Indra, musyawarah BMPN ini selain memilih ketua, panitia juga mempunyai kewajiban memilih tim formatur, yang bertujuan untuk menyusun kepengurusan satu periode ke depan. Nama M Fikar Dt Rajo Magek, SAg, MM, MPd disebut-sebut tokoh adat dan tokoh masyarakat Kuranji, pasalnya, M Fikar dianggap sebagai sosok yang layak memimpin BMPN Pauh IX tersebut. 

"Kami yakin, jika M Fikar diberi amanah untuk memimpin BMPN, organisasi ini akan hidup, bergerak dan bangkit dari kematian surinya," ujar Irwan Basir Datuk Rajo Alam. 

Dikatakannya, sudah menjadi pengalaman dari masa lalu, kalau diserahkan kepada figur yang tidak pas dikhawatirkan akan terulang seperti dulu dulu kembali.

Ketua MPA KAN Pauh IX ini melihat dari sosok Fikar yang baru saja disalaikan damanya sebagai Rangtuo Adat Suku Tanjung Dt Rajo Magek mampu mengomandoi Ormasnag BMPN Pauh IX ini. (Rel)
 
Top