Irwan Basir saat memberikan kata sambutan dikegiatan Sosialisasi Perkoperasian


Padang - Irwan Basir Dt. Rajo Alam, SH.MM mengucapkan, terima kasih kepada ketua Dekopinwil sekaligus sebagai anggota DPRD Propinsi Sumatera Barat yang telah mengalokasikan melalui dana pokirnya untuk kegiatan sosialisasi Perkoperasian.

Hal itu ia sampaikan saat kegiatan Sosialisasi Perkoperasian bagi pengurus Dekopinda, pelaku usaha koperasi, tokoh masyarakat, ninik mamak dan generasi muda Kota Padang, bertempat di Hotel Padang, Rabu (20/9/2023) pagi.

"Dekopinda Kota Padang selama ini selalu berkoordinasi dengan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Padang dalam mengatasi permasalahan di tubuh koperasi," kata Irwan Basir.

Disebut Ketua Dekopinda Kota Padang ini, masalah yang terjadi pada koperasi yang tidak aktif, pada umumnya terjadi pada kemacetan pengembalian pinjaman dari anggota.

"Karena selama ini koperasi yang ada hanya bergerak pada kegiatan simpan pinjam. Apalagi penggunaan dana pinjaman koperasi tak jarang disalahgunakan untuk peruntukkan lain, misalnya pinjaman untuk modal usaha dijadikan untuk konsumtif," ungkapnya.

Malah, lanjut Irwan Basir, kebanyakan terjadi karena macetnya pengembalian pinjaman oleh anggota koperasi itu sendiri.

"Faktor lain penyebab banyaknya koperasi yang tidak aktif, juga karena kurangnya sosialisasi akan pentingnya lembaga koperasi. Sehingga banyak masyarakat kini yang tidak tertarik dengan koperasi dan lebih berminat kepada lembaga keuangan lain," bebernya.

Padahal tambahnya, bunganya lebih besar, tapi karena sosialisasinya bagus, masyarakat lebih menyukainya. Untuk itu, demi mengembalikan kejayaan koperasi ini, sosialisasi ini perlu diadakan secara berkala dan berkelanjutan.

"Kenapa sekarang koperasi kurang dilirik dan kurang disukai. Karena kurangnya sosialisasi akan manfaat dan pentingnya lembaga koperasi itu bagi masyarakat," ungkapnya lagi.

Untuk itu, kata Irwan Basir, tugas kita bersama selaku insan koperasi melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar mereka lebih memahami akan manfaat koperasi untuk membantu perekonomian mereka.

Untuk menghidupkan kembali koperasi di negeri Bapak Koperasi ini, memang butuh tokoh yang peduli dengan pergerakkan koperasi seperti Bapak Hendra ini.

"Bung Hatta akan tersenyum jika di tanah kelahirannya koperasi tetap menjadi soko guru perekonomian masyarakat yang terus berkembang dan tetap maju," pungkas Irwan Basir.

Kegiatan Sosialisasi Perkoperasian bagi pengurus Dekopinda, pelaku usaha koperasi, tokoh masyarakat, ninik mamak dan generasi muda Kota Padang dibuka secara resmi Ketua Dewan Koperasi Indonesia Wilayah (Dekopinwil) Provinsi Sumatera Barat Hendra Irwan Rahim. (**)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top